PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KOMIK PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII SMPN 3 KRAGILAN

Novita Sri Aryanti, Ujang Jamaludin, Ratna Sari Dewi

Abstract


Penelitian ini meupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan untuk mengembangkan produk berupa LKPD berbasis komik. Langkah – langkah pengembangan LKPD berbasis komik menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development) atau R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono. LKPD berbasis komik ini divalidasi oleh 3 ahli, yaitu ahli media/desain, ahli materi, dan ahli pendidikan. Setelah dilakukan uji validasi oleh tim ahli selanjutnya dilakukan uji coba produk dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMPN 3 Kragilan. Hasil uji validasi ahli desain/media menunjukkan bahwa LKPD berbasis komik ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,21% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji materi menunjukkan bahwa LKPD berbasis komik ini memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,14% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji ahli pendidikan menunjukkan bahwa LKPD berbasis komik memperoleh nilai rata-rata sebesar 84.76% dan masuk kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba produk pada peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,21% dan masuk kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis komik yang dikembangkan di Kelas VII SMP Negeri 3 Kragilan “Sangat Layak” untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.


Keywords


Pengembangan, Lembar Kerja Peserta didik, Berbasis Komik, Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Amelia Aam. (2017). Pengebangan Bahan Ajar Media Komik Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV Di SDN Cibungur 2. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Damanhuri. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan. Bekasi : Nurani

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Dan Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fathiroh Siti. (2019) Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik Berbasisi Tematik Integratif Pada Tema 3 Subtema 2 Keberagaman Mahluk Hidup di Lingkunganku. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Khasanan Isma’ul. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Di MTS Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurusan Tadris Matematika. Fakutlas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan. Institut Agama Islam Negri Tulungagung.

Mateus Ananda Merfi Aditiya. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Teks Deskripsi Bedasarkan Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP Pangudi Luhur 1 Kelaten Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Sanata Dharma.

Muti’atul Mawada. (2016). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Etiket Makanan didalam Keluarga. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwanto. (2008). Metedologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto, Jamaludin, Pamungkas. (2009:11). Pengembangan Vidio Pembelajarn Berbasis Aplikasi Videoscribe Pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 11 No. 2 Juni 2019 Madrasah homepage: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/index

Rosanti Diana. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Memfasilitasi Kemampuan Problem Solving Siswa. Kalimantan : Universitas Tanjungpura (halaman 31).

Siregar, Syofian, (2013). Metode Penelitian kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group, halaman. 46.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran, Cetakan ke- 11, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendektan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendektan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syodiah. (2019). Metode Penelitian Dan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tim Dosen PPKn. (2017). Pendoman Penulisan Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Ubaedillah, (2015). Pendidikan kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila Demokrasi dan pencegahan Korupsi. Kencana

Undang – Undang No 20 Tahun 2003 Pasal 37 (b) Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahab, A Aziz dan dan sapriya. (2011). Teori dan landasan pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Winarno. (2012). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan isi, strategi, dan penilaian. Jakarta : PT bumi aksara.




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.3233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novita Sri Aryanti, Ujang Jamaludin, Ratna Sari Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats