PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER DALAM MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Rizky Septiyani UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Ria Yuni Lestari UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Wika Hardika Legiani UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.3280

Keywords:

Video Dokumenter, Belended Learning, PPKn, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter serta mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter ini divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, dilakukan uji coba produk dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMK Bismillah. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,5% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak†dan hasil uji validasi ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter memperoleh nilai rata-rata sebesar 89% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Layakâ€. Hasil uji coba produk pada peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,53% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Baikâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizky Septiyani, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Ria Yuni Lestari, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Wika Hardika Legiani, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

References

Purwanto. N, (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono, (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Skripsi

Rahmawati, L.R. Pengembangan Video Dokumenter IPA Terpadu Berbasis Local Content Batik Yogyakarta Untuk SMP/MTs Kelas VII. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Kalijaga Yogyakarta.

Jurnal

Adisel et al. 2020. Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Vol 3: 1.

Alfiani, F et al. 2018. Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran Ips (Ekonomi) Di SMP. Vol 1: 2.

Ardiansah, F. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Pelajaran PAI Di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Vol 5: 1.

Ayuwardani, R.P. 2018. Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Vol 7:1.

Faradila, S.P & Aimah, S. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Vol 1.

Friantini, R.N & Winata, R. 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Vol 4: 1.

Hidayat, M.T et al. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Vol 25: 3.

Muwallidah, M et al. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi KD Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X IPS Di SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Vol 11: 2.

Putri, N.A & Cholisin. Pemahaman Guru Tentang Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smk Negeri Se-Kota Yogyakarta. Vol

Wibowo, A.P & Wahono M. Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Vol 14: 2.

Dokumen

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Septiyani, R., Lestari, R. Y., & Legiani, W. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER DALAM MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.3280

Issue

Section

Artikel Penelitian