PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER DALAM MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.3280Keywords:
Video Dokumenter, Belended Learning, PPKn, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter serta mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter ini divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, dilakukan uji coba produk dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMK Bismillah. Hasil uji validasi ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,5% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak†dan hasil uji validasi ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berupa video dokumenter memperoleh nilai rata-rata sebesar 89% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Layakâ€. Hasil uji coba produk pada peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,53% dan termasuk ke dalam kategori “Sangat Baikâ€.
Downloads
References
Purwanto. N, (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sudaryono, (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Skripsi
Rahmawati, L.R. Pengembangan Video Dokumenter IPA Terpadu Berbasis Local Content Batik Yogyakarta Untuk SMP/MTs Kelas VII. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Kalijaga Yogyakarta.
Jurnal
Adisel et al. 2020. Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Vol 3: 1.
Alfiani, F et al. 2018. Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran Ips (Ekonomi) Di SMP. Vol 1: 2.
Ardiansah, F. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Pelajaran PAI Di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Vol 5: 1.
Ayuwardani, R.P. 2018. Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Vol 7:1.
Faradila, S.P & Aimah, S. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Vol 1.
Friantini, R.N & Winata, R. 2019. Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Vol 4: 1.
Hidayat, M.T et al. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Vol 25: 3.
Muwallidah, M et al. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi KD Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X IPS Di SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Vol 11: 2.
Putri, N.A & Cholisin. Pemahaman Guru Tentang Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smk Negeri Se-Kota Yogyakarta. Vol
Wibowo, A.P & Wahono M. Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Untuk Memperkuat Multikulturalisme di Indonesia. Vol 14: 2.
Dokumen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizky Septiyani, Ria Yuni Lestari, Wika Hardika Legiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.