MENGEMBANGKAN KARAKTER POSITIF SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Authors

  • Dada Suhaida IKIP PGRI Pontianak
  • Fenny Bardaningsih SMA Negeri 4 Sungai Raya

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3604

Keywords:

Kata Kunci, Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Positif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam mengembangkan karakter positif siswa, dan hambatan dalam mengembangkan karakter positif siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif dengan narasumber dua orang guru dan enam orang siswa, dengan alat pengumpul data panduan observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam mengembangkan karakter positif siswa dapat dilakukan dengan latihan ketangkasan baris berbaris (LKBB), kegiatan perkemahan di alam terbuka, dan kegiatan penjelajahan, kegiatan tersebut dapat mengembangkan karakter positif siswa yakni mental yang kuat, mandiri, disiplin, tanggung jawab, gotong royong. Hambatan yang dihadapi yakni, masih rendahnya minat siswa untuk serius mengikuti kegiatan ektrakurikuler pramuka, dan masih lemah pula peran orang tua dalam memberikan motivasi kepada siswa agar aktif mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dada Suhaida, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Pancsila dan Kewarganegaraan

Fenny Bardaningsih, SMA Negeri 4 Sungai Raya

Guru PPKn

References

Bob, S. A., (2014). Boyman, Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda.

Mustofa, M. M., (2014). Semangat Nasionalisme pramuka Indonesia. Bekasi: CV.Mitra Utama.

Rukiyati, dkk. 2008. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata Nana, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyadi, S. P. P. K. (2013). Strategi Pembelajaran Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Alfiandra, K. (2015). FUNGSI EKSTRAKURIKULER PADA KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 4 BANYUASIN III. Jurnal bhinika tunggal ika.www.ejourna.unsri.ac.id/jbti/article.

Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H., (2019). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. www.ejournal.undiksha.ac.id/JJPGSD/article [diacces 04 Juni 2018].

Gadis, I. B. T., (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Ektrakurikuler Pramuka di Man I Yogyakarta.http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/civics/article/viewFile/9414/9068.

Julaiha, S.(2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Ilmu. 14 (2): 226-238.

Mahmud, M. PENGARUH PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI Mts. ALKHAIRAAT KALUKUBULA.Katalogis,5(6).www.jurnal.untad.ac.id/kataologi/article

Marzuki, M., & Hapsari, L. (2015). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan di MAN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Rusadi, A. A. P., Baiduri, B., & Regina, B. D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 91-99.

Rabbaniyah, S. R. S., & Sujanto, B. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 4 Jakarta.

Surono, K. A., (2017). Penanaman Karakter dan Rasa Nasionalisme pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka di SMP N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. www.repository.iainpurwokerto.ac.id.

Triatna, A. T. (2013). Peranan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Meningkatkan Nasionalisme Siswa: Studi Deskriptif Analitis Terhadap Ekstrakurikuler Paskibra SMP Pasundan 1 Banjaran, Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Undang-undang No 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Suhaida, D., & Bardaningsih, F. (2022). MENGEMBANGKAN KARAKTER POSITIF SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 229–238. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3604

Issue

Section

Artikel Penelitian