SUBSTANSI KEBAHAGIAAN DAN KEHIDUPAN YANG BERMAKNA (Studi Analisis dan Reflektif Pada Pemikiran Susan Wolf dalam Perspektif Pendidikan Karakter)

Authors

  • Dianni Risda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agil Nanggala Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3698

Keywords:

Kebahagiaan, Kehidupan bermakna, Keterlibatan Publik, Pendidikan Karakter, Susan Wolf.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan Susan Wolf selaku filsuf Amerika Serikat di Era Modern, mengenai kebahagiaan dan kehidupan bermakna, guna mewujudkan keseimbangan hidup, melalui perspektif, konsep pendidikan karakter. Sebagai upaya ilmiah untuk mengembangkan kajian pendidikan karakter, agar semakin komprehensif dan bermutu, untuk mengatasi persoalan mengenai moral, mental, sosial, dan ideologi yang dihadapi Indonesia, akibat semakin dinamis juga kompleks. Riset ini berbasis kualitatif dengan metode studi literatur, analisis data secara bertahap, adalah, reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian, yaitu, pertama, konsep kebahagiaan Susan Wolf memiliki relevansi dengan pendidikan karakter, baik pada esensi maupun impementasi, karena mengutamakan kebahagiaan yang diperoleh melalui siasat dan upaya beradab, dan perlu bermanfaat bagi kebahagiaan masyarakat umum, kedua, substansi kehidupan bermakna Susan Wolf relevan dengan pendidikan karakter, baik pada esensi maupun implementasi, karena berupaya untuk mewujudkan kehidupan bermakna, berarti, bernilai, agar menimbulkan kedamaian, kebahagiaan, kesejahteraan serta keadilan, secara lahir dan batin, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sosial, maka Susan Wolf menegaskan keterlibatan publik perlu direalisasikan dalam mewujudkan kebahagiaan dan kehidupan bermakna, agar seimbang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dianni Risda, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Pendidikan Kewarganegaraan, Rank A

Agil Nanggala, Universitas Pendidikan Indonesia

Civic Education, Rank A

References

Abe, J. A. A. (2016). A Longitudinal Follow-Up Study of Happiness and Meaning-Making. The Journal of Positive Psychology, 11(5), 489-498. doi: https://doi.org/10.1080/17439760.2015.1117129

Amirian, M. E. & Pour, M. F. (2016). Simple and Multivariate Relationships between Spiritual Intelligence with General Health and Happiness. Journal of religion and health, 55(4), 1275-1288. doi: https://doi.org/10.1007/s10943-015-0004-y

Andreja, A. Tina, K. & Aaron, J. (2016). Synergistic Paths to Happiness: Findings from Seven Countries. Journal of Happiness Studies, 17(4), 1371-1390. doi: https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/s10902-015-9648-2

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 45-54. doi: https://doi.org/10.30996/jmm17.v2i01.422

Deb, S. Thomas, S. Bose, A. & Aswathi, T. (2020). Happiness, Meaning, and Satisfaction in Life as Perceived by Indian University Students and Their Association with Spirituality. Journal of religion and health, 59(5), 2469-2485. doi: https://doi.org/10.1007/s10943-019-00806-w

Helliwell, J. F. & Putnam, R. D. (2004). The Social Context of Well-Being. Royal Society Publishing, 359(1449), 1435–1446. doi: https://dx.doi.org/10.1098%2Frstb.2004.1522

Irsan. & Rijal, S. (2020). (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Kota Baubau. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 5(1), 10-17. doi: https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3058

Landau, R. S. (2018). The Ethical Life: Fundamental Readings in Ethics and Moral Problems. Fourth Edition. New York: Oxford University Press.

Muti’ah, T. (2015). Criminal Profiling Pelaku Eksploitasi Seksual Pada Anak Di Yogyakarta. Sosialhumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1), 12-26. doi: https://doi.org/10.30738/sosio.v1i1.514

Nanggala, A. (2020). Citizenship Education as a Democracy Learning for Students in Higher Education. IJECA: International Journal of Education & Curriculum Application, 3(1), 69-80. doi: https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2067

Nanggala, A. (2020). Peran Generasi Muda di Era New Normal. Jurnal Widya Wacana, 15(2), 81-92. doi: https://doi.org/10.33061/j.w.wacana.v%25vi%25i.3827

Naz, F. & Murad, H. S. (2017). Innovative Teaching Has a Positive Impact on the Performance of Diverse Students. SAGE Open, 7(4), 1-8. doi: https://doi.org/10.1177%2F2158244017734022

Pollock, N. C. Noser, A. E. Holden, C. J. & Zeigler-Hill, V. (2016). Do orientations to happiness mediate the associations between personality traits and subjective well-being?. Journal of Happiness Studies, 17(2), 713-729. doi: https://psycnet.apa.org/doi/10.1007/s10902-015-9617-9

Putra, G. B. B. & Sudibia, I. K. (2019). Faktor-Faktor Penentu Kebahagiaan sesuai dengan Kearifan Lokal di Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8(1), 79-94. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2019.v08.i01.p05

Rahim, R. (2018). Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Jurnal Pendidikan, 1(1), 17-26.

Ridhwan, M. Yudhyrta, D. Y. & yurisa, A. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(2), 198-211. doi: https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.82

Suherman, A. Supriyadi, T. & Cukarso, S. H. I. (2019). Strengthening National Character Education through Physical Education: An Action Research in Indonesia. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11), 125-153. doi: https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.8

Tamir, M. Oishi, S. Schwartz, S. H. & Kim, M. Y. (2017). The Secret to Happiness: Feeling Good or Feeling Right?. Journal of Experimental Psychology: General, 146(10), 1448-1459. doi: https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/xge0000303

Vela, J. C. Castro, V. Cavazos, L. Cavazos, M. & Gonzalez, S. L. (2015). Understanding Latina/o students’ meaning in life, spirituality, and subjective happiness. Journal of Hispanic Higher Education, 14(2), 171-184. doi: https://doi.org/10.1177%2F1538192714544524

Yang, Y. Li, P. Fu, X. & Kou, Y. (2017). Orientations to Happiness and Subjective Well-Being in Chinese Adolescents: The Roles of Prosocial Behavior and Internet Addictive Behavior. Journal of Happiness Studies, 18(6), 1747-1762. doi: https://doi.org/10.1007/s10902-016-9794-1

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Risda, D., & Nanggala, A. (2022). SUBSTANSI KEBAHAGIAAN DAN KEHIDUPAN YANG BERMAKNA (Studi Analisis dan Reflektif Pada Pemikiran Susan Wolf dalam Perspektif Pendidikan Karakter). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 155–167. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3698

Issue

Section

Artikel Kajian