PENGARUH GAME ONLINE BERBASIS ANDROID DI ERA DIGITAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA

Authors

  • Agung Romadon Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Daman huri
  • Dinar Sugiana Fitrayadi

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3756

Keywords:

Game Online, Interaksi Sosial, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online berbasis android di era digital terhadap interaksi sosial remaja. Penelitian ini dilaksanakan di desa solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten mulai dari bulan februari sampai dengan bulan april 2022. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) yang isinya 44 pernyataan yang di hasilkan dari variabel X dan variabel Y. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 45,7 % dengan tinkat pengaruh berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan berdasarkan nilai t: diketahui nilai thitung  =  sehingga dapat disi= 9,748 > ttabel = 1,980. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Variabel X (game online) berpengaruh terhadap variabel Y (interaksi sosial remaja).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Romadon, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jurusan PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Daman huri

Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Dinar Sugiana Fitrayadi

Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

References

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiawan, Budi. (2015). Teknik praktis analisis data penelitian sosial dan bisnis denganSPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi

Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali. Sugiyono, (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Setiawan, Budi. (2015). Teknik praktis analisis data penelitian sosial dan bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi

Soekanto, S. (2012). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.

Jurnal

Dewi, Nita Puspita (2014) Skripsi. Hubungan antara Intensitas Bermain Game Online dengan Interaksi Sosial pada Remaja

Ganang Ramadani FS. (2020). "Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Di SD Mintaragen 3 Kota Tegal". Universitas Negeri Semarang.

Paremeswara, M. C. dan Triana Lestari (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021, 5, 1473-1481.

Rollys Ardian Dwi Saputra. (2020). "Interaksi Sosial Pada Remaja Kecanduan Game Online

Young, K. S. (2011) Internet Addiction: The Emergence of A New Clinical Disorder.Cyberpsychology and Behavior. Vol. 3. Hal : 15-26

Internet

Laili. (2017). Hubungan Motivasi Bermain Online Pada Masa Dewasa Awal Terhadap Perilaku Kecanduan Game online defence of the ancients (dotA2). Diakses pada 22 oktober 2021 melalui http://psikologi.ui.ac.id ,

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Romadon, A., huri, D., & Fitrayadi, D. S. (2022). PENGARUH GAME ONLINE BERBASIS ANDROID DI ERA DIGITAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 168–178. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.3756

Issue

Section

Artikel Penelitian