IMPLEMENTASI SIKAP NASIONALISME TERHADAP ETIKA BERMEDIA SOSIAL

Authors

  • Jagad Aditya Dewantara Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Syamsuri Syamsuri Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Efriani Efriani Universitas Tanjungpura Pontinak
  • Sulistyarini Sulistyarini Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Afandi Afandi Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Agustian Agustian Universitas Tanjungpura Pontianak
  • Rezha Noviandra Universitas Tanjungpura Pontianak
  • T Heru Nurgiansah Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4030

Keywords:

Nasionalisme, Etika, Media Sosial

Abstract

Belakangan ini kata Nasionalisme sudah tidak asing lagi dengar di telinga kita semua, karena pada dasarnya nasionalisme sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan menerapkan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam kajian observasi dan dokumentasi yang meliputi kajian tentang nasionalisme, etika dan media sosial. Sumber kajian yang digunakan dalam penelitian ini berupa jurnal ilmiah, artikel ilmiah, dan buku referensi yang mendukung untuk mendapatkan berbagai informasi. Adapun dalam penelitian ini media sosial yang dapat dikaji, ialah Facebook, Instagram dan Tik Tok, karena ketiga platform tersebut sangat sering digunakan oleh generasi muda dan masyarakat umum dalam berinternet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sikap nasionalisme pada masyarakat Indonesia di media sosial sudah cukup baik, namun hanya dibeberapa waktu tertentu sikap nasionalisme tersebut mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Hal ini disebabkan oleh adanya trend tertentu, seperti penyelenggaraan event internasional MotoGP di Mandalika. Sementara itu di berbagai platform seperti instagram, tiktok maupun facebook masih dijumpai rendahnya etika nasionalisme pada generasi muda dalam menggunakan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Afandi Afandi, Universitas Tanjungpura Pontianak

Pendidikan Biologi

References

Abrar, A. N. (2020). Tinjauan Konstruksi Sosial Atas Nasionalisme Net Generation. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 17(1), 75–90. https://doi.org/10.24002/jik.v17i1.1586

Ainiyah, N. (2019). Etika Bermedia Sosial Perempuan Fatayat Melalui Penguatan Pengetahuan Literasi Media Di Situbondo. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 13(1), 69–96. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v13i1.450

Alfaqi, M. Z. (2015). Memahami Indonesia Melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2), 111–116. http://journal.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/5451/2120

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209–216. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745

Andersson, E., & Öhman, J. (2017). Young people’s conversations about environmental and sustainability issues in social media. Environmental Education Research, 23(4), 465–485. https://doi.org/10.1080/13504622.2016.1149551

Brandtzaeg, P. B., Følstad, A., & Chaparro Domínguez, M. Ã. (2018). How Journalists and Social Media Users Perceive Online Fact-Checking and Verification Services. Journalism Practice, 12(9), 1109–1129. https://doi.org/10.1080/17512786.2017.1363657

Dewantara, J. A., & Wibowo, S. (2020). Optimalisasi Pendidikan Karakter Melalui Komunitas Partisipasi Sekitar Lingkungan Sekolah ( Studi Kasus di SMP Lab School Bandung ). 53–66.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data (3rd ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Langford, D. (1996). Ethics and the internet: Appropriate behavior in electronic communication. Ethics and Behavior, 6(2), 91–106. https://doi.org/10.1207/s15327019eb0602_2

Nurdin, N. (2017). To research online or not to research online: Using internet-based research in Islamic Studies context. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 7(1), 31–54. https://doi.org/10.18326/ijims.v7i1.31-54

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (M. Sandra (ed.); 3rd ed.). AR-RUZZ MEDIA.

Surokim. (2017). Internet, Media Sosial, dan Perubahan Sosial di Madura (Surokim (ed.); 1st ed.). Inteligensia Media.

Susanto, E. H., Loisa, R., & Junaidi, A. (2020). Cyber media news coverage on diversity issues in Indonesia. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 30(4), 510–524. https://doi.org/10.1080/10911359.2019.1708525

Suwana, F. (2020). What motivates digital activism? The case of the Save KPK movement in Indonesia. Information Communication and Society, 23(9), 1295–1310. https://doi.org/10.1080/1369118X.2018.1563205

Swenson-Lepper, T., & Kerby, A. (2019a). Cyberbullies, Trolls, and Stalkers: Students’ Perceptions of Ethical Issues in Social Media. Journal of Media Ethics: Exploring Questions of Media Morality, 34(2), 102–113. https://doi.org/10.1080/23736992.2019.1599721

Swenson-Lepper, T., & Kerby, A. (2019b). Cyberbullies, Trolls, and Stalkers: Students’ Perceptions of Ethical Issues in Social Media. Journal of Media Ethics: Exploring Questions of Media Morality, 34(2), 102–113. https://doi.org/10.1080/23736992.2019.1599721

Vanacker, B. (2020). The Situationist Critique of Virtue Ethics and Its Implications for the Media Ethics Classroom. Journal of Media Ethics: Exploring Questions of Media Morality, 35(3), 139–151. https://doi.org/10.1080/23736992.2020.1779593

Wang, Y. Y., Wang, Y. S., & Wang, Y. M. (2020). What drives students’ Internet ethical behaviour: an integrated model of the theory of planned behaviour, personality, and Internet ethics education. Behaviour and Information Technology, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1080/0144929X.2020.1829053

Widhyatmoko, D. (2015). Nasionalisme di Era Internet. Humaniora, 6(2), 147. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i2.3318

Williamson, L., & Pierson, E. (2003). The Rhetoric of Hate on the Internet: Hateporn’s Challenge to Modern Media Ethics. Journal of Mass Media Ethics, 18(3–4), 250–267. https://doi.org/10.1080/08900523.2003.9679667

Williamson, S., Clow, K. E., Walker, B. C., & Selwyn Ellis, T. (2011). Ethical issues in the age of the internet: A study of students’ perceptions using the multidimensional ethics scale. Journal of Internet Commerce, 10(2), 128–143. https://doi.org/10.1080/15332861.2011.571992

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Dewantara, J. A., Syamsuri, S., Efriani, E., Sulistyarini, S., Afandi, A., Agustian, A., … Nurgiansah, T. H. (2022). IMPLEMENTASI SIKAP NASIONALISME TERHADAP ETIKA BERMEDIA SOSIAL. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 193–207. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4030

Issue

Section

Artikel Penelitian