HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PPKn IKIP PGRI Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4141Keywords:
Pembelajaran Daring, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan pembelajaran daring prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak; motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontainak; dan hubungan pelaksanaan pembelajaran daring prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah korelasional, yang melibatkan 125 mahasiswa prodi PPKn. Data dikumpulkan dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Dari 30 butir soal yang diuji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata/mean pelaksanaan pembelajaran daring 72,07 atau dalam kategori sedang; rata-rata/mean motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak 72,80 atau dalam kategori sedang; dan terdapat hubungan positif dan signifikan pembelajaran daring dengan motivasi belajar  mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,795 > 0176.) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05).
Downloads
References
Amaliyah, nurrohmatul (2020). Strategi belajar mengajar. Yogjakarta. CV gosyen publishing.
Anas, Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.
Andriani, R., & Wahyuni, S. (2021). Identifikasi Persepsi Mahasiswa dan Hambatan dalam Perkuliahan Daring Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 397-404.
Argaheni, N, B. ( 2020 ). Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia,[8]. 99 – 108.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara..
Denny, D. (2020). motivasi terhadap kuliah daring selama masa pandemi corona virus disease (covid-19) pada mahasiswa stmb multi smart medan. Jurnal Ilmiah SMART, 4(2), 107-117.
Desriva, N., Utari, M. D., & Al Padri, A. (2020). efektivitas metode pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa saat pandemi covid 19 di kota pekanbaru. Ensiklopedia of Journal, 2(5), 124-130.
Harahap. (2020). Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19, [3]. 10 – 14.
Lahir, muhamad dan zuldafrial (2019). Belajar dan pembelajaran. Surakarta, katalok dalam terbetan (KDT)
Ngalim, Purwanto. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja.
palimbong, a. (2020). pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di program studi pendidikan PKn universitas tadulako. pendidikan ilmu sosial.
Sanjaya, wina (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta, katalok dalam terbetan (KDT)
Sari, A, D. (2016). Jurnal administrasi kesehatan. Hubungan faktor fisikologis terhadap kinerja radiografer rumah sakit,[4]. 9-17.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Posdakarya
Wijaya, O. P., & Bukhori, I. 2017. Effect of Learning Motivation, Family Factor, School Factor, and Community Factor on Student Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 192–202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sitti Uswatun Hasanah, Sulha Sulha, Yola Sri Adriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.