HUBUNGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PPKn IKIP PGRI Pontianak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan pembelajaran daring prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak; motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontainak; dan hubungan pelaksanaan pembelajaran daring prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah korelasional, yang melibatkan 125 mahasiswa prodi PPKn. Data dikumpulkan dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Dari 30 butir soal yang diuji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata/mean pelaksanaan pembelajaran daring 72,07 atau dalam kategori sedang; rata-rata/mean motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak 72,80 atau dalam kategori sedang; dan terdapat hubungan positif dan signifikan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,795 > 0176.) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, nurrohmatul (2020). Strategi belajar mengajar. Yogjakarta. CV gosyen publishing.
Anas, Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.
Andriani, R., & Wahyuni, S. (2021). Identifikasi Persepsi Mahasiswa dan Hambatan dalam Perkuliahan Daring Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 397-404.
Argaheni, N, B. ( 2020 ). Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia,[8]. 99 – 108.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara..
Denny, D. (2020). motivasi terhadap kuliah daring selama masa pandemi corona virus disease (covid-19) pada mahasiswa stmb multi smart medan. Jurnal Ilmiah SMART, 4(2), 107-117.
Desriva, N., Utari, M. D., & Al Padri, A. (2020). efektivitas metode pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa saat pandemi covid 19 di kota pekanbaru. Ensiklopedia of Journal, 2(5), 124-130.
Harahap. (2020). Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19, [3]. 10 – 14.
Lahir, muhamad dan zuldafrial (2019). Belajar dan pembelajaran. Surakarta, katalok dalam terbetan (KDT)
Ngalim, Purwanto. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja.
palimbong, a. (2020). pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di program studi pendidikan PKn universitas tadulako. pendidikan ilmu sosial.
Sanjaya, wina (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta, katalok dalam terbetan (KDT)
Sari, A, D. (2016). Jurnal administrasi kesehatan. Hubungan faktor fisikologis terhadap kinerja radiografer rumah sakit,[4]. 9-17.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Posdakarya
Wijaya, O. P., & Bukhori, I. 2017. Effect of Learning Motivation, Family Factor, School Factor, and Community Factor on Student Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 192–202
DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4141
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hasanah, Sulha, Adriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by
IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com
p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510

