PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 9 MATARAM
Keywords:
Model Blended Learning, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran PPKnAbstract
Berkembang pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan yang sangat terlihat pada abad 21 ini. Perkembangan tersebut juga mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan, yang ditandai dengan adanya model blended learning. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengaruh model campuran terhadap motivasi belajar kewarganegaraan murid dikelas VII di SMPN 9 Mataram, 2) Untuk mengetahui motivasi siswa kelas VII belajar kewarganegaraan di SMPN 9 Mataram. SMPN 9 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitiankuantitatif asosiatif dengan desain pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Mataram yang terdiri dari 9 kelas,dan sampelnya menggunakan 1 kelas menjadi 2 kelompok berdasarkan sesi perkenalan yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan survei. Teknik surve menggunakan pretest dan posttest, analisis data dengan pre-test yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta uji pengaruh dengan uji hipotesis menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan blended learning dilaksanakan dalam sesi dan disesuaikan dengan komponen utama blended learning. Bahwa motivasi belajar di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas control yaitu nilai pengaruh eksperimen (0,383) atau 38,8 persen pengaruh blanded terhadap motivasi belajar siswa. Dan didapat pengaruh dan dikelas kontrol (0,305) atau 30,5 persen pengaruh blanded terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa blended learningberpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Model Blended Learning, Motivasi Belajar, dan Pembelajaran PPKn
Downloads
References
A.M. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,. Rajawali Pers.
Anggraini, N., Suana, W., & Sesunan, F. (2020). Pengaruh Penerapan Blended Learning pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Terhadap Motivasi Belajar dan. 16(1), 22–36.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arlena, A., Effendi, Z. M., & Sofya, R. (2018). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Jurusan Pendidikan Ekonomi Fe Unp. Jurnal Ecogen, 1(1), 28. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.5681
Fathurohman, D. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR DAN …. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 4, 27–38. http://ojs.cbn.ac.id/index.php/jukanti/article/view/265%0Ahttps://ojs.cbn.ac.id/index.php/jukanti/article/download/265/137
Fauzan, A., Rispawati, R., & Salam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 12–21. https://doi.org/10.24036/8851412512020503
Hamzah B. Uno. (2015). Teori Motivasi Dan Pengukurannya,Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara
Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479
Imam ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 2. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Islam, J. P. (2019). p-ISSN: 2685-0397 e-ISSN: 2685-6387. 1, 17–30.
Ismail, M., Kurniawansyah, E., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mahasiswa Prodi PPKN FKIP Unram 1341 | Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mahasiswa 1342 | Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pro. 5(4), 1341–1349. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2559/
Nirmala, S. P., & Dodik, A. D. (2020). Studi Literatur Model Blended Learning Pada Berbagai E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Vokasi/Kejuruan. Jurnal It-Edu, 05.
Prastyo, G. M., Kurniawan, F., Resita, C., Xii, C., Nurul, M. A., & Olahraga, J. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Ma Nurul Huda. 1(August), 60–65.
Sakillah Rianto. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkr Smk Putra Khatulistiwa Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 116. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2108
Sari, V. K., & Wibowo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Intrapersonal dengan Minat Belajar Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Karanganyar. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.22515/jenius.v2i1.3647
Setyoko, S., & Indriaty, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 157. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10433
Sheren, O. D., Asri, B., & Eko, R. (2018). Model Blended Learning Berbasis Moodle (R. Eko (ed.); pertama). Griya Taman Banjarwangi.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet.23). alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. alfabeta.
Syarif, I. (2013). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 851–854. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034
Wasis D, D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Rajawali Pers.
Widoyoko, E. . (2015). Evaluasi Program Pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ilham, Rispa Wati, Ahmad Fauzan, Edy Herianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.