PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GERUNG

Authors

  • Khopipah Khopipah Universitas Mataram
  • Bagdawansyah Alqadri Universitas Mataram
  • Lalu Sumardi Universitas Mataram
  • Muhammad Mustari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4413

Keywords:

Problematika Daring, Mata Pelajaran PPKn

Abstract

Akibat penyebaran virus covid-19 semua sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas harus melaksanakan pembelajaran dari rumah secara daring. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatp muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan enigma pembelajaran daring mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat problematika pembelajaran daring mata pelajaran PPKn antaranya: 1) kurangnya interaksi guru dengan siswa, 2) kurangnya fasilitas yang mendukung, 3) keterbatasan kuota internet, 3) Sinyal yang kurang stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, G. F. (2015). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-learning. 22(i), 127–138.

Al-qadri, B. (2016). Persepsi Masyarakat Tentang Pemberitaan Delik Kesusilaan Pada Media Elektronik Di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Supremasi, 11(2), 163–173.

Amran, A., Suhendra, S., Wulansari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedahogy, 7(4), 281–288.

Hakim, H. (2017). Pengaruh Interaksi Guru-Siswa Terhadap Kreativitas Peserta Didik SD Negeri 2 Pakis-Banyuwangi. 2(1), 2541–6707.

Herlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925

Indonesia, P. P. R. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Ismail, M., Herianto, E., Sumardi, L., & Basariah, B. (2021). Sosialisasi Pembelajaran Daring Bagi Guru PPKn Madrasah Tsanawiyah Se Kota Mataram. 3, 364–370.

Kemendikbud. (2020). Data Referensi Pendidikan. Pusat Data Dan Informasi Kemendikbud. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11_sd.php?kode=052400&level=2

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SDN Sindangsari III. Pendidikan Dan Dakwahl, 3(1), 119–128.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. 445–452.

Muliati, M., Zubair, M., & Basariah, B. (2022). Peran Orang Tua dalam Mendorong Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PPKn (Studi di Lingkungan Tolotongga). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidika, 3(September), 2620–8326.

Mulyono, M. (2011). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press, 13–52.

Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Kemendikbudristek.

Rahmawati, A., Pita, A. E., Setiono, P., Yuliantini, N., & Wurjinem, W. (2021). Kesulitas Guru Dalam Pelajaran Tematik Di Kelas V SD Negeri 38 Kota Bengkulu Selama Pembelajaran Daring. 8(2), 303–309.

Ramadhani, D. (2018). Pengaruh Interaksi Guru-Siswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(6), 524–532.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values And Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sari, D. D. (2021). Permasalahan Guru Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Kontektual, 2(02), 27–35.

Sumardi, L., & Wahyudiati, D. (2021). Using Local Wisdom to Foster Community Resilience During the Covid-19 Pandemic: A Study in the Sasak Community, Indonesia. Advances in Social Science, 556(2020), 122–127. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.059

Umam, F., Al-qadri, B., & Ismail, M. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Prodi PPKn FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(1), 49–56.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. 1–17. https://doi.org/10.1016/j.addr.2018.07.012%0Ahttp://www.capsulae.com/media/Microencapsulation - Capsulae.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jaerosci.2019.05.001

Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Dharma Rraja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Khopipah, K., Alqadri, B., Sumardi, L., & Mustari, M. (2022). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GERUNG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 239–245. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4413

Issue

Section

Artikel Penelitian