PENERAPAN NILAI KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB SEBAGAI PERWUJUDAN JIWA SOSIAL MAHASISWA PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4417Keywords:
Nilai, Kemanusiaan, Adil dan Beradab, jiwa sosialAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab sebagai perwujudan jiwa sosial mahasiswa prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian Ketua Prodi PPKn, Dosen Prodi PPKn dan Mahasiswa Prodi PPKn. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah panduan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian, serta verifikasi. Hasil penelitian Penerapan Nilai Kemanusian yang Adil dan Beradab Sebagai Perwujudan Jiwa Sosial Mahasiswa Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak dapat dilihat dari adanya sikap peduli terhadap sesama, saling menghormati antara mahasiswa yang berbeda-beda suku, ras, agama dan budaya. Penerapan nilai kemanusian yang adil dan beradab pada mahasiswa sudah di jalankan. faktor yang mempengaruhi penerapan nilai kemanusiaan yaitu faktor diri sendiri, lingkungan keluarga, teman sebaya,lingkungan masayarkat. Oleh karena itu mahasiswa harus bisa melihat mana yang baik dan buruk dalam menerapakan nilai kemanusian dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Arikunto Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka cipta
Darmadi Hamid. (2016). Eksistensi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai pemersatuan bangsa. Bandung: Alfabeta.
Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Moleong, Lexy J. (2021) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setijo Pandji. (2011). Pendidikan Pancasila Perspektif Sejarah Perjuangan Bangsa. Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Zuldafarial. (2012). Penelitian Kualitatif. Suarkarta: Yuma Pressido.
Zuldafarial. (2004). Penelitian Kualitatif. Suarkarta: Yuma Pustaka.
Rujukan Jurnal :
Hidayatullah, S. (2006). NOTONAGORO DAN RELIGIUSITA PANCASILA: Jurnal Filsafat,39(1).
Hulukati, W., & Hulukati, W. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Musawa IAIN Palu, 7(2), 265-282.
Jamil, H., & Azra, F. I. (2014). Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Solok selatan. Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 85-98.
Karo, S. W. S. F. I. (2018). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X Smk Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(1), 63-72.
Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188-198.
Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi dalam memperkokoh karakter bangsa Indonesia. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi. org/10.21154/ibriez. v2i1, 26
Rianto, H. (2016). Implementasi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab di lingkungan sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(1), 80-91.
Rohani, R., & Novianty, F. (2020). PENANAMAN SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 149-157.
Alpian, Yayan. (2016). Hubungan Pengetahuan Sila Kemanusian dengan Sikap Tenggang Rasa Pada Siswa Sdn Cibarusah Jaya 01 Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi (Studi Korelasional pada Siswa Kelas V SD). Civics, 1 (1):73-80.ISSN 2527-9742.
Rahayu, MH Sri. "Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Repiblik Indonesia." Jurnal Pendidikan 28.3 (2020): 289-304.
Rujukan Skripsi :
Iin Putriawati, (2019), impelementasi nilai-nilai Pancasila dalam perilaku siswa di SMK ISLAM TERPADU GUNUNG SARI MAKASSAR.SKRIPSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.
Karmila, (2016), implementasi Nilai-Nilai Kemanusian Yang Adil Dan Beradab Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas XI Ips 2 SMA Negeri 1 Belitang Hilir Kabupaten Sekadau: SKRIPSI IKIP PGRI Pontianak.
Lisya’Adah, (2018), Impelementasi Nilai Sila Kemanusian Yang Adil Dan Beradab Di kelas X MIPA 4 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pontianak: SKRIPSI IKIP PGRI Pontianak.
Wilfie, (2017), Analisis Nila Kemanusian Yang Adil Dan Beradab Pada Kegiatan Palang Merah Remaja Dalam Mengembangkan Sikap Kemanusiaan Siswa di SMA Negeri 1 Terkarang Kabupaten Sambas: SKRIPSI IKIP PGRI Pontianak.
Rujukan internet :
Niwd Arthini. (2019). Perilaku. Co.id: http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/1861/3/4.%20BAB%20II.pdf, diakses pada tanggal 7 maret 2022.
SI BK 2013 UNSRI. (2015, April 07). Ilmu jiwa sosial. Co.id:http://mylifeiscounselor.blogspot.com/2015/04/bk-osial-ilmu-jiwa-sosial.html?m=1, diakses pada tanggal 7 maret 2022.
Herini Febby Ariyani.(2020). Berani membela kebenaran dan keadilan. Co.id : https://terbitkanbukugratis.id/herini-febby-ariyani/09/2020/berani-membela-kebenaran-dan-keadilan/, diakses pada tanggal 14 maret 2022.
Shafa Nuraini Fauziah. (2021). Bangsa indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. Co.id:https://terbitkanbukugratis.id/shafa-nuraini-fauziah/10/2021/bangsa-indonesia-merasa-dirinya-sebagai-bagian-dari-seluruh-umat-manusia-2/ , diakses pada tanggal 14 maret 2022.
Desi Dwi Pamuji. (2014). Peran pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Co. id: http://repository.ump.ac.id/6319/3/Desi%20Dwi%20Pamuji_BAB%20II.pdf, diakses pada tanggal 15 maret 2022
Universitas medan area. (2020, November 10). Berbagi manfaat organisasi bagi mahasiswa. Co. id:https://uma.ac.id/berita/berbagai-manfaat-organisasi-bagi-mahasiswa, diakses pada tanggal 16 maret 2022
Dewi, K. 2012. Pendidikan Pancasila (mengembangkan sikap tenggang rasa) http://anythingbutordianarytoo.blogspot.com/2012/03/pendidikan pancasilamengembangkan.html. diakses pada tanggal 31 juli 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sukma Muljani, Syafrial Nur, Moad Moad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.