PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AMPERA PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Authors

  • Alfan Husnadian Mataram University
  • Rispawati Rispawati Mataram University
  • Basariah Basariah Mataram University
  • Lalu Sumardi Mataram University

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4478

Keywords:

Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Panti Asuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh serta faktor pendorong dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh di panti asuhan Ampera Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh di panti asuhan Ampera Pringgasela kabupaten Lombok Timur dilaksanakan dengan cara pembiasaan dan pemahaman. Pembiasaan dilakukan untuk taat pada perintah agama, toleransi, saling menghormati, serta hidup rukun. Pemberian pemahaman dilakukan dengan cara memberikan informasi, arahan, nasehat, terkait nilai-nilai kebaikan, serta keteladanan-keteladanan dalam memberikan contoh sikap dan prilaku religi. Faktor pendorong dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh meliputi pengurus, sarana dan parasarana, keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat. Fakor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius pada anak asuh meliputi kepribadian serta kurangnya motivasi pada anak asuh.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfan Husnadian, Mataram University

PIPS Course, Program Study Civic Education at Mataram University

Rispawati Rispawati, Mataram University

PIPS Course, Program Study Civic Education at Mataram University

Basariah Basariah, Mataram University

PIPS Course, Program Study Civic Education at Mataram University

Lalu Sumardi, Mataram University

PIPS Course, Program Study Civic Education at Mataram University

References

DAFTAR PUSTAKA

Aat Syafaat, dkk. (2018). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency). Jakarta: Rajawali.

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV. Jejak

Asmaun, Sahlan. (2009). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN Press.

Bungin. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Predana Media.

Damayanti, Deni. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Aksara.

Departemen Sosial Republik Indonesia. (2004). Acuan Pelayanan Sosial Anak Di Panti Sosial Asuhan Anak. Jakarta: Departemen Sosial Republik Indonesia.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hairuddin Cikka, Usman Hamid. (2020). Peran Panti Asuhan Almuhajirin Kota Palu dalam Membentuk Karakter Religius Anak Ditinjau Dari Hukum Islam. Musawa: Journal For Gender Studies.

Listyarti, Retno. (2012). Pendikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan

Kreatif. Jakarta: Erlangga

Miftah, Zainul. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Melali Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Miles B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku

Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahmat, Jalaludin. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, NS. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Suparlan. (2010). Pendidikan Karakter: Sedemikian Pentingkah, dan Apakah yang Harus Kita Lakukan (http://www.suparlan.com/pages/posts/pendidikan-karakter-sedemikian-pentingkah-dan-apa-yang-harus-kita-lakukan-305.php. Diakses tanggal 15 Juli 2021).

Thontowi, Ahmad. (2012). Hakekat Religiusitas. (http://www.sumsel.kemenag.go.id. Diakses tanggal 15 Juli 2021).

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam

Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Husnadian, A., Rispawati, R., Basariah, B., & Sumardi, L. (2022). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AMPERA PRINGGASELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 208–217. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i2.4478

Issue

Section

Artikel Penelitian