EKSPERIMEN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS MATA PELAJARAN PPKn KELAS X MADRASAH ALIAH SWASTA SIRAJUL ULUM PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.4628Keywords:
Hasil Belajar, Model Pengunaan Strategi Pembalajaran SiklusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Siklus terhadap hasil belajar siswa Kelas X Madrasah Islam Swasta Sirajul Ulum Pontianak. Teknik penelitian desain pra eksperimen merupakan aplikasi dari pendekatan eksperimen. Pengajar PPKn dan siswa kelas X berperan sebagai peserta penelitian. Panduan untuk tes, observasi, dan pengukuran yang digunakan sebagai alat pengumpulan data. Rumus untuk persentase, rata-rata, dan sampel t-test digunakan dalam teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dampak strategi pembelajaran, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menerapkan strategi pembelajaran siklus (pretest) adalah 62,02, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran siklus (posttest) adalah 75,95 Dengan demikian peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 13,75. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa ini diikuti pula dengan meningkatnya persentese ketuntasan belajar siswa yang mengikuti tes. Ketuntasan belajar dalam hal ini adalah jumlah siswa yang tuntas belajar atau nilainya mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 75.
Downloads
References
Barus, Sanggup. (2014). Standarisasi Penilaian Enam Tugas Oleh Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Meedan. Medan. Juranl Pendidikan.
Budiyono. (2009). Statistika untuk penelitian. Surakarta: UNS Press.
Dewi, Ratna Dwi. Dkk. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) 5e Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 26 Pemecutan. Denpasar Barat. Jurnal Pendidikan.
Djamarah, Syaiful Bahari (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahari. Dan Zain, A.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Banjar Masin: Rineka Cipta.
Fitri, Diana. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Kota Jambi. Jambi: Skripsi DiTerbitkan.
H. Martinis Yamin. (2011). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sadulloh, Uyoh. (2010). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. Dkk. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subana, M. dan Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiono.(2012). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, S. (1987). Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Rajawali Press.
Sutikno, M. S. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Lombok: Holistika.
Undang-undang Pendidikan Nomor 20 Tahun 2003 tentang bagaimana sistem Pendidikan nasional
UU Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 butir 20 tentang Sisdiknas.
Wena, Made. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Winna Dzulhaniar, Sulha Sulha, Hadi Rianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.