PENERAPAN PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Moad Moad IKIP PGRI PONTIANAK
  • Syafrial Nur IKIP PGRI Pontianak
  • Sitti Uswatun Hasanah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.4925

Keywords:

Pendidikan resolusi konflik, multicultural, mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian yakni mengatahui Penerapan Pendidikan Resolusi Konflik Berbasis Multikultural Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak. Mahasiswa berpandangan bahwa konflik merupakan salah satu aspek interaksi sosial manusia dan secara alamiah terjadi dalam kehidupan sosial. Dalam menghadapi konflik, seseorang mahasiswa atau kelompok masyarakat dapat mengambil sikap penyelesaian yang berbeda, sebagian mengambil sikap konstruktif dan sebagian lainnya bersikap destruktif. Pandangan terhadap konflik yang terwujudkan protes  sosial  daalam sistem demokratis dalam mengekspresikan tuntutan dilakukan secara damai dan mencari dialog atau resolusi yang konstruktif. Melihat kondisi Perguruan Tinggi  tidak  selamanya damai dan aman. Hal ini karena konflik sering terjadi pula di Perguruan Tinggi dalam bentuk konflik yang sederhana ataupun yang lebih serius. Konflik-konflik di sekolah dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik bersifat horizontal maupun vertikal. Pentingnya Pendidikan resolusi konflik seyogyanya mahasiswa mesti di didik untuk memecahkan masalah termasuk ketika mereka menghadapi konflik di antara mereka sendiri. Dengan demikian, melalui Pendidikan Kewarganegaraan mesti mempunyai peran penting dalam menyediakan pengajaran  resolusi konflik bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Moad Moad, IKIP PGRI PONTIANAK

Program Studi PPKN, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

References

Hoon, C. Y. (2014). Young people's attitudes towards inter-ethnic and inter-religious socializing, courtship and marriage in Indonesia. . South East Asia Research, 433-452.

Joesoef, S. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Cetakan ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.

Ni Putu Indra Rusminiati, d. (2014). Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Masalah . e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 30-45.

Rahmad Hidayat, d. (2020). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural . B u a n a I l m u, 24-35.

Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan (Educational Psychology), Edisi 5 Buku 1. Terjemahan Harya . Jakarta: Salemba Humanika.

Shen, S. (2019). Teaching ‘multiculturally’: geography as a basis for multicultural education in Korea. . Multicultural Education Review, 37-58.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Moad, M., Nur, S., & Hasanah, S. U. (2023). PENERAPAN PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA PPKN IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 88–101. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.4925