PENERAPAN PENDIDIKAN RESOLUSI KONFLIK BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA PPKN IKIP PGRI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.4925Keywords:
Pendidikan resolusi konflik, multicultural, mahasiswaAbstract
Tujuan penelitian yakni mengatahui Penerapan Pendidikan Resolusi Konflik Berbasis Multikultural Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak. Mahasiswa berpandangan bahwa konflik merupakan salah satu aspek interaksi sosial manusia dan secara alamiah terjadi dalam kehidupan sosial. Dalam menghadapi konflik, seseorang mahasiswa atau kelompok masyarakat dapat mengambil sikap penyelesaian yang berbeda, sebagian mengambil sikap konstruktif dan sebagian lainnya bersikap destruktif. Pandangan terhadap konflik yang terwujudkan protes sosial daalam sistem demokratis dalam mengekspresikan tuntutan dilakukan secara damai dan mencari dialog atau resolusi yang konstruktif. Melihat kondisi Perguruan Tinggi tidak selamanya damai dan aman. Hal ini karena konflik sering terjadi pula di Perguruan Tinggi dalam bentuk konflik yang sederhana ataupun yang lebih serius. Konflik-konflik di sekolah dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik bersifat horizontal maupun vertikal. Pentingnya Pendidikan resolusi konflik seyogyanya mahasiswa mesti di didik untuk memecahkan masalah termasuk ketika mereka menghadapi konflik di antara mereka sendiri. Dengan demikian, melalui Pendidikan Kewarganegaraan mesti mempunyai peran penting dalam menyediakan pengajaran resolusi konflik bagi mahasiswa.
Downloads
References
Hoon, C. Y. (2014). Young people's attitudes towards inter-ethnic and inter-religious socializing, courtship and marriage in Indonesia. . South East Asia Research, 433-452.
Joesoef, S. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Cetakan ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.
Ni Putu Indra Rusminiati, d. (2014). Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Masalah . e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 30-45.
Rahmad Hidayat, d. (2020). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural . B u a n a I l m u, 24-35.
Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan (Educational Psychology), Edisi 5 Buku 1. Terjemahan Harya . Jakarta: Salemba Humanika.
Shen, S. (2019). Teaching ‘multiculturally’: geography as a basis for multicultural education in Korea. . Multicultural Education Review, 37-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moad Moad, Syafrial Nur, Sitti Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.