PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MENGGUNAKANMETODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

HENI WIDIASTUTI

Abstract


Penerapan metode pembelajaran kontekstual merupakan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya. penelitian ini menggunakan metode action research dengan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI A SMA Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya tahun pelajaran 2016/2017. Data diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis data diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. pada tahap pra tindakan hasilnya meningkat menjadi 66,58 pada siklus I dan meningkat menjadi 83,63 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 4,43%. Dari pelaksanaan tindakan ini disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas XI menggunakan metode pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya sukses dilaksanakan.

References


Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Jhonson. 2002. Contextual Teaching And Learning. What it is and Why it’s here to Stay. Bandung: MLC.

Joyce, T, E. 1992. Strategies fo Teachers Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn and Bacon.

Ninggrum, D.E. 2005. Efektivitas Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Inggris siswa Kelas II

Semester I SMP Negeri 1 Brangsong Kendal tahun Pelajaran 2004/2005, Skripsi. UNNES

Nurhadi .2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/Metode Pembelajaran Kontekstual) dan Penerapannya. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni, D. 2015. Upaya Guru Pendidikan Kewarganegaraan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Materi Penerapan Norma Hukum Dalam Masyarakat Di Kelas VII SMP Negeri 4 Meliau Kabupaten Sanggau. Skripsi. IKIP PGRI Pontianak.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Zaini, H .2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan




Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats