PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN NILAI MORAL YANG TERKANDUNG DALAM MATERI DEMOKRASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KEPULAUAN KABUPATEN BENGKAYANG

SYARIF FIRMANSYAH, HENDRA SULISTIAWAN

Abstract


Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan nilai moral yang terkandung dalam materi demokrasi di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif analitis yang mana data yang diproleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, dokumen. Suyek penelitian ini ayaitu siswa dan guru SMP Negeri 1 Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pengajaran tentang pengembangan nilai moral pada siswa sudah baik dan terjadi perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik dan beretika.

References


Abidin, Zainal. (2002). Analisis Eksistensial untuk Psikologi dan Psikiatri. Bandung : Refika Aditama

C. Khalberg. 2002. Tahap perkembangan moral. Yogyakarta: Kanisius

Darmadi Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral, Bandung: Alfabeta.

Darmodiharjo, Darji, Shidarta. 2000. Pokok-Pokok Filsafat Hukum. Jakarta: Gramedia.

Nawawi, H. 2003. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Paul, Suparno. 2004. Teory Intelligensi Ganda Dan Aplikasinya Di Sekolah.Yogyakarta: Kanisius.

Setiadi. 2003. Konsep & Penulisan Riset Keperawatan.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan




Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats