PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN

Authors

  • ROHANI JAYADI IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.513

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kogntitif mahasiswa dengan menerapkan model course review horay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan sedangkan bentuk penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I (satu) program studi PPKn yang memiliki kemampuan kogntif relatif rendah. Kemampuan kogntif mahasiswa melalui course review horay dalam mata kuliah pengantar pendidikan menunjukkan adanya peningkatan tiap siklusnya yaitu pra siklus yang berjumlah 33 orang memperoleh nilai tuntas sebanyak 11 orang mahasiswa yaitu 33% dengan persentase ketuntasan secara klasikal yaitu 25,82%. Setelah dilakukan siklus I mahasiswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 16 orang mahasiswa yaitu 48% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40,91% dari 33 orang mahasiswa yang mengikuti tes. Selanjutnya setelah dilakukan siklus II mahasiswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 29 orang mahasiswa yaitu 88% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,85% dari 33 orang mahasiswa yang mengikuti tes.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

ROHANI JAYADI, IKIP PGRI PONTIANAK

DOSEN PRODI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

References

Burns, A. 2010. Doing Action Research In English Language Teaching A Guide For Practitioners. Australia: Departemen Of Linguistich, Macquarie University.

Elisa. 2014. Pengaruh Penerapan Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Pontianak: IKIP

Gregory, S. C. H. 2013. “The Importance Of action Research In teacher Education Programâ€. Journal Issues In Educational Research. (online) tersedia. www.iier.org.au. (31 Maret 2016).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme dosen. Jakarta : Rajawali Persada

Suharsimi, A, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2017-06-01

How to Cite

JAYADI, R. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 78–86. https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.513

Issue

Section

Artikel Penelitian