PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTEGRATED TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ORGANISASI DAN EKSTRAKURIKULER DI PROGRAM STUDI PPKn IKIP PGRI PONTIANAK

MOAD MOAD

Abstract


Kondisi yang tidak kondusif dalam pembelajaran berdampak pada sulit mengembangkan pendapat, (sulit menemukan ide atau gagasan tujuan penelitian ini adalah untuk mencari informasi tentang Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Integrated Terhadap Kreativitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Organisasi Dan Ekstrakurikuler Di Program Studi PPKn IKIP PGRI Pontianak.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah pra-eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design, yaitu rancangan yang menggunakan satu kelompok subyek.Alat pengumpulan data berupa tes sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) Tes yang dipilih dalam penelitian ini adalah tes awal (pretest) dan akhir (posttest) yang berbentuk pilihan ganda. Tekinik analisis data yang digunakan analisis data kulaitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Pembelajaran integrated dapat meningkatkan dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Organisasi Dan Ekstrakurikuler di IKIP PGRI Pontianak. Kreativitas belajar mahasiswa sebelum diberikan strategi pembelajaran integrated pada mata kuliah Organisasi Dan Ekstrakurikuler tergolong cukup yaitu 44,1 dengan standar deviasi 9,65 dan kreativitas belajar mahasiswa setelah diterapkan strategi pembelajaran integrated tergolong baik yaitu 67 dengan standar deviasi 11,5.

References


Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hadari Nawawi. 2001. 2007. Metode Penelitian Kuamtitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Khabibah, Siti. 2006. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi Pasca Sarjana yang Tidak Dipublikasikan, Universitas Negeri Surabaya.

Kusmana, S. 2010.Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.

Miftachudin. 2010. Hubungan Ketersedian Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar tersedia di http://id.shvoong.com/socialscinece/economis/2060394-hubungan -ketersediaan-fasilitas-belajar-dengan/

Rusman. 2011.Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.http://wawan-junaidi.blogspot.com/2010/07/aktivitas-belajar-siswa.html

Solihatin, E. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: BumiAksara.

Subana, dkk. 2005. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

suparman, 1997, Model-model Pembelajaran Interaktif, Jakarta, STIA-. LAN, 1958. CD Pembelajaran Matematika, PT. Mitra Aksara

Wycoff. J. 2002. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran. Bandung: Kaifa




DOI: https://doi.org/10.31571/pkn.v1i1.515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan




Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan


Published by

IKIP PGRI Pontianak,
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: hdrianto@yahoo.com


p-ISSN: 2337-8891 | e-ISSN: 2598-9510


View Stats