PROBLEMATIC INTERNET USE DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOGNITIF (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MATARAM)

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5405

Kata Kunci:

penyalahgunaan internet, mahasiswa, perolehan pengetahuan, struktur berpikir

Abstrak

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia terlebih lagi mahasiswa. Internet memberikan akses informasi dan komunikasi yang luas dan fleksibel bagi penggunanya. Internet selain memberikan dampak positif juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Salah satu yang terdistorsi karena penyalahgunaan internet adalah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penyalahgunaan internet terhadap perolehan pengetahuan dan struktur berpikir mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan genre case study. Penelitian dilakukan di Program Studi PPKn FKIP Universitas mataram dengan subyek penelitian sebanyak 6 orang mahasiswa. Subyek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tink aloud dengan berbantuan lembar pencatatan informasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis model interaktif. Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui bahwa penyalahgunaan internet dalam penyelesaian tugas akademik menyebabkan penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan buruk. Begitu juga dengan struktur berpikir mereka, penyalahgunaan internet menyebabkan struktur berpikir mereka tidak runut, hirarkis, dan sistematis. Jadi, penyalahgunaan internet dalam proses akademik berdampak buruk terhadap kognitif mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lalu Sumardi, Universitas Mataram

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Referensi

Abdulahi, A., Samadi, B., and Gharleghi, B. 2014. “A Study on the Negative Effects of Social Networking Sites Such a Facebook among Asia Pasific University Scholars in Malaysia.†International Journal of Buseness and Social Science 5 (10): 133–45.

Annur, C. M. 2023. “Berapa Pengeluaran Internet Masyarakat Indonesia Per Bulan? Katadata Media Network.†Katadata Media Network. 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/20/berapa-pengeluaran-internet-masyarakat-indonesia-per-bulan.

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. 2007. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. USA: Person Education, Inc.

Center, Pacific Polacy Research. 2010. “21st Century Skills for Students and Teachers. Kamehameha Schools Research & Evaluation Devision.†https://www.researchgate.net.

DePorter, B., Mark, R., dan Sarah, S. N. 2000. Quantum Teaching; Mempraktekkan Quantum Learning Dalam Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Griffiths, M. D. 2013. “Social Networking Addiction: Emerging Themes and Issues.†Addiction Research and Therapy 4 (5): 1–2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4172/21556105.1000e118.

Kao, R. 2018. Disruptive Leadership: Apple and the Technology of Caring Deeply-Nine Keys to Organizational Excellence and Global Impect. USA: Taylor and Francis.

Kirkham, R. L. 2008. Theories of Truth: A Critical Introduction. USA: MIT Press.

Madani, P. dan Sumardi, L. 2023. “Dampak Teknologi Informasi Terhadap Pola Interaksi Masyarakat: Studi Kasus Di Desa Jantuk Lombok Timur.†As-Sabiqun 5 (1): 14–24.

Marzano, R. J. & Kendal, J. S. 2007. The New Taxonomy of Educational Objectives. USA: Corwin Press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methodes Sourcebook. USA: SAGE Publicationa, Inc.

Ngafifi, M. 2014. “Technological Advances and Patterns of Human Life in the Socio-Cultural Perspective.†JurnalPembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2 (1): 33–47.

Nisa, N. C., Nadiroh, & Siswono, E. 2018. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa.†Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan XIX (2): 1–14.

Nur, M. 2010. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya. Surabaya: UNESA University Press.

Ontorio. 2016. “Towards Defining 21st Century Competencies for Ontario, 21st Century Competencies. Fondation Document for Dicussion. Ontario.†http://www.edugains.ca/resources21CL/About21stCentury/21CL_21stCenturyCompetencies.pdf.

Paul, J., Baker, H., & Cochran, J. 2012. “Effect of Online Social Networking on Student Academic Performance.†Elsevier 1: 2118–19.

Pradana, B. 2019. “Politik Penguasaan Teknologi: Jalan Keluar Dari Stigmatisasi Negara Berkembang Di Regional Asia.†Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 4 (2): 119–32. https://doi.org/10.14710/jiip.v4i2.5444.

Ratumana, T. G. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University Press.

Soeparno, P. 2012. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanesius.

Someren, M. W., Barnard, Y. F., & Sandberg, J. A. C. van. 1994. The Tink Aloud Method: Apratical Guide to Modelling Cognitive Processes. London: Academic Press.

Suci, Y. T. 2018. “Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar.†Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran 3 (1): 231–39.

Sumardi, L., Rispawati, & Ismail, M. 2017. “The Effect of Information Technology on Learning (A Stud on Civic and Pancasila Education Students at Mataram University).†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 24 (2): 73–78.

Sumardi, L. & Rispawati. 2020. “The Use of Internet in Learning and Its Impacts on Students’ Moral Values: A Case Study in Mataram University, Indonesia.†Journal of Critical Reviews 7 (14): 790–94.

Suryana, E., Lestari, A., & Harto, K. 2022. “Teori Pemrosesan Informasi Dan Implikasi Dalam Pembelajaran.†Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (3): 1855–62.

Y., Reinaldo dan Sokang A. 2016. “Mahasiswa Dan IT: Dua Sisi Mata Uang? Problematic IT Use Pada Mahasiswa.†Jurnal Psikologi 43 (2): 107–20.

Zaremohzzabieh Z., Samah B. A., Omar S. Z., Bolong J., dan Kamarudin N. A. 2014. “Addictive Facebook Use among University Students.†Asian Social Science 10 (6): 107–16. https://doi.org/10.5539/ass.vlon6p107.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-01

Cara Mengutip

Sumardi, L. (2023). PROBLEMATIC INTERNET USE DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOGNITIF (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS MATARAM). JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5405