REFLEKSI NILAI KEMANUSIAAN DI ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN PANCOR, NTB

Authors

  • Verbena Ayuningsih Purbasari Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • R. Samidi Universitas Pancasakti Tegal
  • Kenlies Era Rosalina Marsudi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5479

Keywords:

Pancasila, nilai kemanusiaan, Nahdlatul Wathan Pancor, NTB.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk refleksi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan sila ke-2 Pancasila di organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Masalah difokuskan pada bentuk refleksi nilai kemanusiaan di bidang pendidikan dan sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih melalui teknik purposive, yakni Pengurus Besar Organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Penelitian dilaksanakan di Organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Data penelitian dikumpulkan berdasarkan hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi. Keabsahan data diperiksa melalui teknik triangulasi, sedangkan data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan sila ke-2 Pancasila di Organisasi Nahdlatul Wathan (NW) Pancor NTB dalam bidang pendidikan, yakni melalui pendirian sekolah/madrasah dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, serta memberikan program bantuan beasiswa. Sedangkan dalam aspek sosial meliputi pendirian panti asuhan, Pusat Kesehatan Pesantren (Poskestren) dan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia,dkk. (2021). Peran Serta Warga Negara Muda Pada Kegiatan Kemanusiaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Davis, H. (2013). Human rights and civil liberties. In Human Rights and Civil Liberties. https://doi.org/10.4324/9781843924548

Donnelly, J. (2019). Universal Human Rights in Theory and Practice. In Universal Human Rights in Theory and Practice. https://doi.org/10.7591/9780801467493

Effendy, R. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan. Al-Maiyyah, 07(2), 142–165.

Hoover, J. (2013). Towards a politics for human rights: Ambiguous humanity and democratizing rights. Philosophy and Social Criticism. https://doi.org/10.1177/0191453713498390I

kroman, M. N. (2017). Mengaji Hamzanwadi. Hamzanwadi Institue.

Latif, Y. (2011). Negara paripurna: Historisitas, rasionalitas dan aktualisasi pancasila. PT. Gramedia.

Nurak, G., D. (2019). Kemanusiaan yang Adildan Beradab Menurut Pancasila: Tinjauan Etis atas Sila II dari Pancasila. 26–41. http://sim.ihdn.ac.id/app-assets/repo/repo-dosen-141909101734-50.pdf#page=181

Rukiyati. (2016). Pancasila. UNY Press.

Samho, B. dkk. (2012). Pancasila Kekuatan Pembebas. Kanisius.

Sangiuliano, A. R. (2014). Towards a Natural Law Foundationalist Theory of Universal Human Rights. Transnational Legal Theory, 5(2), 218–240. https://doi.org/10.5235/20414005.5.2.218

Sari, D. W., & Khoiri, Q. (2023). Pendidikan untuk Semua: Studi pada Kebijakan Wajib Belajar 9 Tahun. Journal on Education, 5(3), 9441–9450. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1757

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Turmuzi, M. (2021). Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif Dalam Memanusiakan Manusia. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-01

How to Cite

Purbasari, V. A., Samidi, R., & Marsudi, K. E. R. (2023). REFLEKSI NILAI KEMANUSIAAN DI ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN PANCOR, NTB. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5479