REFLEKSI NILAI KEMANUSIAAN DI ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN PANCOR, NTB
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5479Keywords:
Pancasila, nilai kemanusiaan, Nahdlatul Wathan Pancor, NTB.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk refleksi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan sila ke-2 Pancasila di organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Masalah difokuskan pada bentuk refleksi nilai kemanusiaan di bidang pendidikan dan sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih melalui teknik purposive, yakni Pengurus Besar Organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Penelitian dilaksanakan di Organisasi Nahdlatul Wathan Pancor, NTB. Data penelitian dikumpulkan berdasarkan hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi. Keabsahan data diperiksa melalui teknik triangulasi, sedangkan data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan sila ke-2 Pancasila di Organisasi Nahdlatul Wathan (NW) Pancor NTB dalam bidang pendidikan, yakni melalui pendirian sekolah/madrasah dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, serta memberikan program bantuan beasiswa. Sedangkan dalam aspek sosial meliputi pendirian panti asuhan, Pusat Kesehatan Pesantren (Poskestren) dan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren).
Â
Downloads
References
Amalia,dkk. (2021). Peran Serta Warga Negara Muda Pada Kegiatan Kemanusiaan. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Davis, H. (2013). Human rights and civil liberties. In Human Rights and Civil Liberties. https://doi.org/10.4324/9781843924548
Donnelly, J. (2019). Universal Human Rights in Theory and Practice. In Universal Human Rights in Theory and Practice. https://doi.org/10.7591/9780801467493
Effendy, R. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan. Al-Maiyyah, 07(2), 142–165.
Hoover, J. (2013). Towards a politics for human rights: Ambiguous humanity and democratizing rights. Philosophy and Social Criticism. https://doi.org/10.1177/0191453713498390I
kroman, M. N. (2017). Mengaji Hamzanwadi. Hamzanwadi Institue.
Latif, Y. (2011). Negara paripurna: Historisitas, rasionalitas dan aktualisasi pancasila. PT. Gramedia.
Nurak, G., D. (2019). Kemanusiaan yang Adildan Beradab Menurut Pancasila: Tinjauan Etis atas Sila II dari Pancasila. 26–41. http://sim.ihdn.ac.id/app-assets/repo/repo-dosen-141909101734-50.pdf#page=181
Rukiyati. (2016). Pancasila. UNY Press.
Samho, B. dkk. (2012). Pancasila Kekuatan Pembebas. Kanisius.
Sangiuliano, A. R. (2014). Towards a Natural Law Foundationalist Theory of Universal Human Rights. Transnational Legal Theory, 5(2), 218–240. https://doi.org/10.5235/20414005.5.2.218
Sari, D. W., & Khoiri, Q. (2023). Pendidikan untuk Semua: Studi pada Kebijakan Wajib Belajar 9 Tahun. Journal on Education, 5(3), 9441–9450. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1757
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Turmuzi, M. (2021). Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif Dalam Memanusiakan Manusia. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Verbena Ayuningsih Purbasari, R. Samidi, Kenlies Era Rosalina Marsudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.