IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MATA PELAJARAN PKN PADA SEKOLAH DENGAN PROFIL VISI PANCASILA DI SMPN 03 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.5513Keywords:
Pendidikan Multicultural, Pelajaran PKn, Sekolah PancasilaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis Pancasila dan multicultural melalui mata pelajaran PKn SMPN 03 Kediri. Pendidikan pancasila di SMPN 3 Kediri secara sepintas tercermin dalam visi sekolah yang berprofil pancasila. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan Kewarganegaraan berbasis pancasila dibagi menjadi tige berdasarkan tingkatan kelas. Pada kelas 7, pendidikan PKn lebih banyak mengenalkan pendidikan kenegaraan, Pancasila, dan pendidikan multicultural secara keseluruhan. Selanjutnya pada kelas 8, pendidikan PKn difokuskan untuk lebih banyak belajar praktek di masyarakat, baik dalam bentuk simulasi kecil atau langsung berkecimpung ke dunia masyarakat dengan berbagai bentuk dan varian. Berikutnya pada kelas 9, pendidikan PKn lebih banyak terkonsentrasi pada pematangan pembentukan karakter berprofil Pancasila. Pengaruh pendidikan multicultural dalam PKn menjadi mudah bagi siswa dalam memahami budaya dan sifat teman serta mengetahui cara penyelesaian konflik di masyarakat. Tujuannya menjadikan hubungan antar teman dan masyarakat bisa semakin rukun meskipun dengan teman yang berbeda agama serta dapat menyelesaikan masalah dengan teman tanpa emosi.
Downloads
References
Amirin, T. M. (2013). implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047
Dwintari, J. W. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural dalam Pembinaan Keberagaman Masyarakat Indonesia. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 2(1). http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/68
Hemafitria, H., Novianty, F., & Murdiana, E. (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE PADA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP HARAPAN ANANDA KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 246–257. https://doi.org/10.31571/PKN.V6I2.3041
Hidayah, N. N. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Di Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 12. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20192
Humaira, J., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pendidikan Anti Korupsi pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8612–8620. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2362
Ilham, M., Wati, R., Fauzan, A., & Herianto, E. (2022). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 9 MATARAM | Ilham | Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. JPKN, 6(2). http://114.4.104.248/index.php/kewarganegaraan/article/view/4270
Mazid, S., & Suharno, S. (2019). Implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PKn. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 72–85. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.10248
Mulyana, D., Cahyono, C., Sukarliana, L., & Munggaran, E. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH BERKEMBANGNYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK. Civic Edu : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.23969/CIVICEDU.V4I1.4273
Murtadho, S. (2019). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Taruna Bakti. Al Kahfi : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 59–71. https://ejournal.stitalkhairiyah.ac.id/index.php/alkahfi/article/view/10
Nugraha, M. T., Hidayatulloh, Y., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU (AKB). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 138. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.379
Purnama, S. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Mata Pelajaran PPKn untuk Mendukung Sikap Toleransi Siswa dalam Masyarakat Multikultur. Jurnal Basicedu, 5(6), 5753–5760. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1561
Rachman, F., Sugara, R., Haddad, M., & Nurgiansah, H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252–262. https://doi.org/10.31316/JK.V6I1.2295
Rianto, H., & Pratewi, R. (2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP 03 SUNGAI RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 213–223. https://doi.org/10.31571/PKN.V5I2.3112
Saputra, R., & Purnama, S. (n.d.). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK. Jurnal.Untan.Ac.Id. Retrieved March 27, 2023, from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/51037/75676591331
sugiyono. (n.d.). kualitatif dan r&d - Google Scholar. Retrieved March 27, 2023, from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&qsp=1&q=sugiyono+kualitatif+dan+r%26d&qst=bh
Sukmanjaya, D. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI MULTIKULTUR DALAM MATA PELAJARAN PPKn PADA KELAS VIII DI SMPN 2 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 6(2), 47–52. https://doi.org/10.23887/JPKU.V6I2.22066
Tanganam, M. A., Herianto, E., Basariah, B., & Ismail, M. (2022). PELAKSANAAN BLENDED LAERNING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 1 PEMENANG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 218–228. https://doi.org/10.31571/PKN.V6I2.4522
Utami, P. S., & Cahyono, H. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA PRODI PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.817
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Ubaidillah Ridwanulloh, Ekky Putri Theana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.