PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEWUJUDKAN CITA-CITA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA

Authors

  • Salim Aziz Universitas Sebelas Maret
  • Fatma Ulfatun Najicha Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.5567

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Pembangunan Berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs), Indonesia

Abstract

Pembangunan di seluruh dunia saat ini menuntut pembangunan yang berkelanjutan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merumuskan sebuah tujuan global yang disebut dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diamanatkan kepada seluruh negara anggota PBB untuk menjamin keberlangsungan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan di masa depan. Indonesia sebagai anggota PBB juga dituntut dalam mengimplementasikan pembangunan berkelanjutan. Di sisi lain, Indonesia memiliki suatu ideologi yang berperan sebagai pandangan hidup yang menjamin keberlangsungan masyarakat, yaitu Pancasila. Dengan demikian, hubungan antara ideologi Pancasila yang telah dipelajari di berbagai jenjang pendidikan dengan amanat Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi cukup relevan. Oleh sebab itu, dihasilkan pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan pengaruh Pendidikan Pancasila terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengolah sumber literatur yang relevan dengan topik riset. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya dalam menggali potensi atau masalah lebih lanjut terkait pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Jainal, dan Ferawati Artauli Hasibuan. (2019). “Pengaruh dampak pencemaran udara terhadap kesehatan untuk menambah pemahaman masyarakat awam tentang bahaya dari polusi udara.” Prosiding SNFUR-4, Pekanbaru 7.

Adiyanta, FC Susila. (2018). “Partisipasi Masyarakat Sebagai Basis Kebijakan Penataan Ruang Publik dan Ruang Terbuka Hijau Kota yang Berkelanjutan.” Administrative Law and Governance Journal 1 (1): 1–8.

Al Idrus, Agil, M Liwa Ilhamdi, Gito Hadiprayitno, dan Gde Mertha. (2018). “Sosialisasi peran dan fungsi mangrove pada masyarakat di kawasan Gili Sulat Lombok Timur.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 1 (1).

Anggraini, Vanisa Dian, Dan Sena Putra Prabujaya. (2023). “Partisipasi Anak Muda Dalam Meningkatkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB (Studi Pada Mitra Muda Unicef Indonesia).” Ph.D Thesis, Sriwijaya University.

Arikunto, Suharsimi. (2010). “Prosedur penelitian pendekatan praktik edisi revisi VI.” Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Mastriati Hini Hermala. (2019). “Analisa dampak globalisasi terhadap perdagangan internasional.” Ekonomia 9 (1): 48–57.

Dwiastuti, Ilmi, Anggara Raharyo, Muhammad Farid, dan Riski Baskoro. (2022). “Komitmen Indonesia dalam Implementasi SDGs Nomor 5 untuk Menjamin Keamanan Manusia Khususnya Perempuan (2015-2021)[Indonesia’s Commitment on the Implementation of SDGs Number 5 to Guarantee Human Security Especially Women (2015-2021)].” Verity: Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (International Relations Journal) 14 (27): 1–17.

Eddy, Syaiful, Iskhaq Iskandar, Moh Rasyid Ridho, dan Andy Mulyana. (2015). “Dampak aktivitas antropogenik terhadap degradasi hutan mangrove di Indonesia.” Jurnal Lingkungan danPembangunan 1, (3): 240-254

Fadhila, Himmatul Izza Nur, dan Fatma Ulfatun Najicha. (2021). “Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat.” Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik 4 (2): 204–12.

Fadilla, Sintya Miftakhul, dan Fatma Ulfatun Najicha. (2022). “Evaluasi Pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peserta Didik Dalam Upaya Pembentukan Karakter dan Penanaman Nasionalisme.” Jurnal Kewarganegaraan 6 (1): 402–13.

Hasid, H Zamruddin, SU SE, SE Akhmad Noor, M SE, dan Erwin Kurniawan. (2022). Ekonomi Sumber Daya Alam Dalam Lensa Pembangunan Ekonomi. Cipta Media Nusantara.

Hermawanto, Ariesani, dan Melaty Anggraini. (2020). “Globalisasi, Revolusi Digital dan Lokalitas: Dinamika Internasional dan Domestik di Era Borderless World.” LPPM Press UPN" Veteran" Yogyakarta.

Ishatono, Ishatono, dan Santoso Tri Raharjo. (2016). “Sustainable development goals (SDGs) dan pengentasan kemiskinan.” Share: Social Work Journal 6 (2): 159.

Iskandar, A Halim. (2020). SDGs desa: percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jazuli, (2017). “Penegakan hukum penataan ruang dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan.” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 6 (2): 263–82.

Junef, Muhar. (2021). “Penegakkan Hukum Dalam Rangka Penataan Ruang Guna Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan.” Jurnal Penelitian Hukum p-ISSN 1410: 5632.

Lubis, Diana Adilla, dan Fatma Ulfatun Najicha. (2022). “Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuhan Bangsa.” De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 (5).

Miranti, Retno, Ganjar Widhiyoga, dan Halifa Haqqi. (2018). “Analisis pembangunan berkelanjutan terhadap kebijakan perubahan iklim Indonesia sebagai upaya mengakomodasi Paris Agreement.” Transformasi 1 (34).

Nurfatimah, Siti Aisyah, Syofiyah Hasna, dan Deti Rostika. (2022). “Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs).” Jurnal Basicedu 6 (4): 6145–54.

Pahlevi, Farida Sekti. (2016). “Revitalisasi Pancasila Dalam Penegakan Hukum Yang Berkeadilan Di Indonesia.” Justicia Islamica: Jurnal Kajian Hukum dan Sosial 13 (2): 173–98.

Panuluh, Sekar, dan Meila Riskia Fitri. (2016). “Perkembangan pelaksanaan sustainable development goals (SDGs) di Indonesia.” Biefing Paper 2: 1–25.

Rahadian, AH. (2016). “Strategi pembangunan berkelanjutan.” Dalam Prosiding Seminar STIAMI, 3:46–56.

Rahmayanti, Wahyu. (2020). “Upaya Pemerintah dalam Penyediaan Kebutuhan Air Bersih untuk Masyarakat (Studi Pada Pemerintah Desa Duyung Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto).”

Ratri, Elisa Puspita, dan Fatma Ulfatun Najicha. (2022). “Urgensi Pancasila Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi.” Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan 11 (1): 25–33. Rosana, Mira. 2018. “Kebijakan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan di Indonesia.” Jurnal KELOLA: Jurnal Ilmu Sosial 1 (1).

Sahban, Muhammad Amsal. (2018). Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang. Vol. 1. Sah Media.

Sari, Diah Apriani Atika. (2019). “Integrasi tata kelola kebijakan pembangunan kelautan berkelanjutan.” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 8 (2):147.

Sari, Meri Enita Puspitasar. (2017). “Peran Masyarakat dalam Mencapai Pola Konsumsi Berkelanjutan.” Jurnal Trias Politika 1 (2).

Sari, Ratna, dan Fatma Ulfatun Najicha. (2022). “Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN 7 (1): 53–58.

Septian, Doni. (2020). “Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkuat Kerukunan Umat.” TANJAK: Journal of Education and Teaching 1 (2): 155–68.

Siagian, dkk., (2020). Ekonomi dan bisnis Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Susiana, Sali. (2015). Pembangunan berkelanjutan: dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan. P3DI Setjen DPR.

Sutrisno, Shaula Fitriasih. (2018). “Pembangunan Berkelanjutan Dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Perspektif Politik Hukum Dalam Tinjauan Hukum Islam.”Skripsi: Repository Universitas Islam Indonesia

Wahyuni, Herpita, dan Suranto Suranto. (2021). “Dampak deforestasi hutan skala besar terhadap pemanasan global di Indonesia.” JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6 (1): 148–62.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Aziz, S., & Najicha, F. U. (2024). PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEWUJUDKAN CITA-CITA SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 11–21. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.5567