PENGARUH PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP PERWUJUDAN INTEGRASI NASIONAL DIKALANGAN MAHASISWA PRODI AKUNTANSI KELAS 2C

Authors

  • Taun Taun Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Danila Chris Diana Lehitu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Elisabeth Panjaitan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jamil Dzulkarnain Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Andriansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.5640

Keywords:

Teknologi, Integrasi, Nasioanal

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terjadi karena adanya perkembangan zaman. Kemajuan teknologi memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam kehidupan ini dan tidak dapat dihindari, karena Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam aktivitas sehari-hari, termasuk dalam mewujudkan integrasi nasional. Mahasiswa memiliki peran penting untuk mewujudkan integrasi nasional melalui perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap perwujudan integrasi nasional dikalangan mahasiswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Dimana dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data mengenai pengaruh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap perwujudan integrasi nasional dikalangan mahasiswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik kuesioner untuk mengumpulkan data. Dengan responden mahasiswa Universitas Singaperbangsa, Karawang, Prodi Akuntansi. Data yang telah terkumpul kemudian data tersebut peneliti analisis dan peneliti membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat berpengaruh terhadap integrasi nasional khususnya di kalangan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Andi Aco. 2016. “Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Negara Republik Indonesia.†Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM 3 (1963): 19–27.

Azizah, Winda Nur, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. 2021. “Peran Seorang Mahasiswa Dalam Menyadarkan Masyarakat Indonesia Untuk Saling Berintegrasi.†Pendidikan Tambusai 5 (3): 8327–34.

Azzahra, Zaskia Putri Aulia, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia.†Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3): 9232–40.

Hamid, Abdul. 2016. “DINAMIKA INTEGRASI NASIONAL BANGSA INDONESIA

(Dalam Pendekatan Kerukunan Umat Beragama).†Istiqra 4 (2): 319. https://doi.org/10.24239/istq.v4i2.211.319-340.

Mulyani, Fitri, and Nur Haliza. 2021. “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Bidang Kesehatan.†Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 3: 101–9.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Taun, T., Diana Lehitu, D. C., Panjaitan, E., Dzulkarnain, J., & Andriansyah, M. (2024). PENGARUH PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP PERWUJUDAN INTEGRASI NASIONAL DIKALANGAN MAHASISWA PRODI AKUNTANSI KELAS 2C. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 22–29. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.5640