ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Shofia Nurun Alanur Tadulako University
  • Jamaludin Jamaludin Tadulako University
  • Sunarto Amus Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5787

Keywords:

Textbook, Independent Curriculum, PPKn, Pancasila Student Profile

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis isi (content analysis). Melalui penelitian ini peneliti bermaksud memperoleh gambaran apakah terdapat kandungan nilai dalam profil pelajar Pancasila dan bagaimana bentuk nilai profil pelajar pancasila dalam buku teks PPKn kelas VII Kurikulum Merdeka. Sumber data primer adalah buku teks kurikulum merdeka PPKn kelas VII terbitan Puskurbuk Kemendikbud. Unit analisis penelitian memuat nilai-nilai Profil pelajar Pancasila yang termuat diberbagai bagian buku. Pengumpulan data dilakukan melalui identifikasi dan analisis kerangka isi dan muatan nilai Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada buku teks PPKn kelas VII. Nilai-nilai profil pelajar Pancasila dapat dilihat dalam struktur buku tersebut, salah satunya dalam kegiatan siswa aktif. Penyusunan buku teks siswa ini mengacu pada pedoman penyusunan buku yang telah ditetapkan oleh Puskurbuk Kemendikbud. Buku teks siswa PPKn disusun berdasarkan tiga aspek, yaitu isi profil pelajarPancasila, hasil belajar dan prinsip penilaian. Buku teks siswa dikembangkan untuk memuat nilai-nilai profil pelajar Pancasila yaitu Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, mandiri, kreatif, bernalar kritis dan bergotong royong

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Shofia Nurun Alanur, Tadulako University

PPKn

References

Alanur, S. N., & Masyitoh, I. S. (2020). Development of Nationalist-Religious Characters Value of Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri Teachings in Civics Education. Proceedings of the 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019) Atlantis Press, 458–461. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.086

Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., & Syuaib, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(November).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Istiqamah, N., Shaleh, & Hamzah, A. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PPKN DALAM PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 627–637. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1928

Jamaludin, J., Alanur S, S. N., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709.

Khairani, A., Sugianto, A., & Ildiyanita, R. (2022). TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER MANDIRI BELAJAR SISWA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 62–69.

Mantra, G. ., Lasmawan, I. ., & Suarni, N. . (2023). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL NGAYAH UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER GOTONG-ROYONG PADA DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 156–168.

Monika, K. A. L., Suastika, I. N., Sanjaya, D. B., & Sariyasa. (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 7–15.

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43–54.

Palupi, W. K. S., & Sari, E. Y. (2023). NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI SISWA KELAS 3 MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 24–37.

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Issue 021).

Rahmat, A. S., & Suparjana. (2023). PENERAPAN KARTU KENDALI LITERASI DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERORIENTASI LITERASI DI SEKOLAH DASAR. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 3(1), 22–32.

Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila Terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio, 9(2), 614–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718

Ravyansah, & Abdillah, F. (2021). Tracing ’ Profil Pelajar Pancasila ’ Within The Civic Education Textbook : Mapping Values For Adequacy. JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN, 6(2), 96–105.

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Widya Noventari. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. JURNAL KETAHANAN NASIONAL, 27(2).

Sakman. (2016). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Mencegah Degradasi Moral. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 6(2), 56–60.

Suardipa, I. P. (2022). Lini Masa Kebijakan Kurikulum Merdeka dalam Tatanan Kotruksi Mutu Profil Pelajar Pancasila. PINTU : Pusat Penjaminan Mutu, 3(2).

Tamaeka, V., Akhwani, Nafiah, & Kasiyun, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi melalui Pembelajaran PPKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2420–2424.

Uchrowi, Z., & Ruslinawati. (2021). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas VII.

Wahyuni, R., & Witarsa, R. (2023). Penerapan Metode Inkuiri untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 203–209.

Wakhidah, H., & Setiawan, D. (2014). ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII KURIKULUM 2013. Jurnal Tematik, 4(3), 235–246.

Wulandari, D., Salimi, A., & Pranata, R. (2023). DESKRIPSI MUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTERPADA BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD/MI TEMA 1INDAHNYA KEBERSAMAAN KURIKULUM 2013. ISLAMIKA : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 98–110.

Zaenuri, & Fatonah, S. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma ’ arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurmia : Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 181–190.

Zulkhi, M. D., Tiwandani, N. A., & Siregar, I. H. Z. (2023). Perwujudan Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia dalam Pembelajaran Abad 21 malalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Journal on Teacher Education, 4(3), 161–171.

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). KONSTRUKSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU PANDUAN GURU PPKN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Civic Hukum, 7(1), 71–87.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Alanur, S. N., Jamaludin, J., & Amus, S. (2023). ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 179–190. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5787