PENGGUNAAN MODUL BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5790

Keywords:

Penggunaan Modul Belajar, Guru PPKn, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin memperoleh gambaran maupun informasi tentang Penggunaan Modul Belajar oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran, metode penelitian yang dipakai adalah metode diskriptif dengan bentuk penelitian survey, teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik observasi langsung, alat pengumpul data yang dipakai yakni angket, panduan wawancara, dan observasi, dan untuk teknik pengolahan data dipakai rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh mengatakan bahwa, penggunaan modul belajar oleh guru PPKn dalam proses pembelajaran dilaksaakan dnegan baik dengan persentase sebesar 74, 49 % dalam kategori Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dada Suhaida, IKIP PGRI Pontianak

ID Scopus

[57297373200]

 

ID Google Scholar

[JWQ9ndEAAAAJ]

 

ID SINTA

[6002264]

References

Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Ali, M. (1998). Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi, Bandung: Aksara

Arikunto, S, (1991). Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Ptaktek, Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Fatmi, N., Nadia, E., & Siska, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 68-80.

Gunawan, I. (2015). Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premie Educandum , 2(2).

Gustinasari, M., Ardi, A., & Lufri, L. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsep disertai contoh pada materi sel untuk siswa sma. Bioeducation, 1(1), 60-73.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Nawawi, H. (2001). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rianto, H., & Nur, S. (2019). Hubungan Kemampuan Menggunakan Media Visual Dengan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 17 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 65-71.

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316-335.

Sugiyono, (2006). Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Suryabrata, S. (2002). Psikologi kepribadian. Jakarta: PT Rajawali Pers

Suhaida, D., & Syarifah, F. (2019). Analisis model pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk membentuk karakter siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 111-121.

Surachmad, W. (1982). Metodologi Penelitian., Bandung: Remaja Rosdakarya

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Suhaida, D., Adha, M. M., & Rycka, R. (2023). PENGGUNAAN MODUL BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 200–209. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5790