PENGGUNAAN MODUL BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5790Keywords:
Penggunaan Modul Belajar, Guru PPKn, Proses PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan ingin memperoleh gambaran maupun informasi tentang Penggunaan Modul Belajar oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran, metode penelitian yang dipakai adalah metode diskriptif dengan bentuk penelitian survey, teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik observasi langsung, alat pengumpul data yang dipakai yakni angket, panduan wawancara, dan observasi, dan untuk teknik pengolahan data dipakai rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh mengatakan bahwa, penggunaan modul belajar oleh guru PPKn dalam proses pembelajaran dilaksaakan dnegan baik dengan persentase sebesar 74, 49 % dalam kategori Baik.
Downloads
References
Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Ali, M. (1998). Penelitian Kependidikan, Prosedur dan Strategi, Bandung: Aksara
Arikunto, S, (1991). Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Ptaktek, Jakarta: Rineka Cipta
Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta
Fatmi, N., Nadia, E., & Siska, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 68-80.
Gunawan, I. (2015). Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premie Educandum , 2(2).
Gustinasari, M., Ardi, A., & Lufri, L. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsep disertai contoh pada materi sel untuk siswa sma. Bioeducation, 1(1), 60-73.
Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Nawawi, H. (2001). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rianto, H., & Nur, S. (2019). Hubungan Kemampuan Menggunakan Media Visual Dengan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 17 Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 65-71.
Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316-335.
Sugiyono, (2006). Statistik untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Suryabrata, S. (2002). Psikologi kepribadian. Jakarta: PT Rajawali Pers
Suhaida, D., & Syarifah, F. (2019). Analisis model pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk membentuk karakter siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 111-121.
Surachmad, W. (1982). Metodologi Penelitian., Bandung: Remaja Rosdakarya
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dada Suhaida, Muhammad Mona Adha, Rycka Rycka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.