MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PPKN

Authors

  • Sitti Uswatun Hasanah IKIP PGRI Pontianak
  • Sulha Sulha IKIP PGRI Pontianak
  • Tini Tini IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6013

Keywords:

Blended Learning, Civics Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan blended learning dalam pembelajaran PPKn di SMA Shalom Kecamatan Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualittatif berbentuk deskriftif. Subyek penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa SMA Shalom Kecamatan Bengkayang. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara,angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini guru PPKn menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran merasa bosan karena tidak ada perubahan metode atau guru PPKn menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa juga jenuh dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sitti Uswatun Hasanah, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

Sulha Sulha, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

Tini Tini, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

References

Akhmalia, N.L.,Suana,W., & Maharta, N. (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Fluida Statis Terhadap Penggunaan Konsep Siswa, JIPFRI,2(2),56-64.

Budiharti, Rini dkk., (2015). Penggunaan Blended Learning Dengan Media Moodle Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa SMP, Cakrawala Pendidikan, Tahun XXXIV, Nomor 1, Februari 2015.

Cahyadi, F.D., Suciati, Probosari, R.M. (2012). Penerapan Blended Learning Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Kritis Siswa . Pendidikan Biologi, 4(1), 15- 22.

Dewi, Citra Ayu, Pengaruh Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIPMataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan, Jurnal Prisma, Vol. 1, Juni 2013.

Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Dalam Format PDF Ini Ditandatangani Oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Makarim Pada Tanggal 24 Maret 2020.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka Publisher.

Katun & Sari Rara Siswandini ASP, (2015), Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS-2 SMAN 5, Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016, Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 2, 2015.

Moleong, Lexy J (2013), Metode Penelitian Kualiatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Alfabeta.

Zuldafrial, (2011), Penelitian Kualitatif, Pontianak : STAIN Pontianak Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Hasanah, S. U., Sulha, S., & Tini, T. (2024). MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PPKN . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 214–222. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6013