MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PPKN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6013Keywords:
Blended Learning, Civics LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan blended learning dalam pembelajaran PPKn di SMA Shalom Kecamatan Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualittatif berbentuk deskriftif. Subyek penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa SMA Shalom Kecamatan Bengkayang. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, panduan wawancara,angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini guru PPKn menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran merasa bosan karena tidak ada perubahan metode atau guru PPKn menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa juga jenuh dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Downloads
References
Akhmalia, N.L.,Suana,W., & Maharta, N. (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Fluida Statis Terhadap Penggunaan Konsep Siswa, JIPFRI,2(2),56-64.
Budiharti, Rini dkk., (2015). Penggunaan Blended Learning Dengan Media Moodle Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa SMP, Cakrawala Pendidikan, Tahun XXXIV, Nomor 1, Februari 2015.
Cahyadi, F.D., Suciati, Probosari, R.M. (2012). Penerapan Blended Learning Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Kritis Siswa . Pendidikan Biologi, 4(1), 15- 22.
Dewi, Citra Ayu, Pengaruh Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIPMataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan, Jurnal Prisma, Vol. 1, Juni 2013.
Dokumen Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Dalam Format PDF Ini Ditandatangani Oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Makarim Pada Tanggal 24 Maret 2020.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka Publisher.
Katun & Sari Rara Siswandini ASP, (2015), Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS-2 SMAN 5, Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016, Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 2, 2015.
Moleong, Lexy J (2013), Metode Penelitian Kualiatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Alfabeta.
Zuldafrial, (2011), Penelitian Kualitatif, Pontianak : STAIN Pontianak Press.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitti Uswatun Hasanah, Sulha, Tini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.