PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI HAKIKAT NKRI KELAS 4 SDN 3 UNDAAN KIDUL
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6099Keywords:
media pembelajaran, pop up book, pendidikan pancasilaAbstract
Tujuan penelitian: mengembangkan serta mengetahui tingkat kelayakan produk Pop Up Book dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi Hakikat NKRI dan mengetahui tanggapan guru dan peserta didik pada produk Pop Up Book. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas 4 di SDN 3 Undaan Kidul. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket respon siswa dan guru, uji coba pretest dan postest,angket validasi ahli materi dan media. Hasil dari penelitian ini adalah : uji validasi materi memperoleh nilai 97,05% dan uji validasi media 97,4 % dengan kategori valid. lembar jawaban guru dan siswa yang memperoleh nilai 97,5% dan 91% dengan kategori sangat baik. uji coba pretest siswa menunjukan hasil rata-rata 50,5 dan hasil rata-rata postest siswa adalah 88,0 hal ini menunjukan adanya kenaikan 74,25% Dengan demikian, produk tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan pendidikan pancasila kelas 4 SD.
Downloads
References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75.
Anggraini, I. N., & Karomah, L. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA SPUB (STEM Pop Up Box) Berorientasi Problem Solving Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya. PISCES (Proceeding of Integrative Science Education Seminar), 2, 76–85.
https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/710
Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019). Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. academia.edu.
Baiduri, B., Taufik, M., & Elfiani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. Aksioma Jurnal. https://eprints.umm.ac.id/53229/
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan.
https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113
Dewi, M. A. C., & Asri, I. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Indonesia.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/20790
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14558
Kusnandar. (2007). Guru profesional : implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. In Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH : Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294
Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria Pemilihan Dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92
Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2021). fektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 2(1).2021, 2 (1). https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/273
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.
Sudaryono, Guguk Margono, & Wardani Rahayu. (2013). Pengembangan Instrumen Pendidikan (1st ed.). Graha Ilmu.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD.pdf. ALFABETA.
Sukmawarti, E. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinar Dwi Wulandari, Nela Khoirinida, Aryanti Nurul Fitriya, Rysma Pujianti, Rani Setiawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.