PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI HAKIKAT NKRI KELAS 4 SDN 3 UNDAAN KIDUL

Authors

  • Dinar Dwi Wulandari Universitas Muria Kudus
  • Nela Khoirinida Universitas Muria Kudus
  • Aryanti Nurul Fitriya Universitas Muria Kudus
  • Rysma Pujianti Universitas Muria Kudus
  • Rani Setiawaty Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6099

Keywords:

media pembelajaran, pop up book, pendidikan pancasila

Abstract

Tujuan penelitian: mengembangkan serta mengetahui tingkat kelayakan produk Pop Up Book dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi Hakikat NKRI dan mengetahui tanggapan guru dan peserta didik pada produk Pop Up Book. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model Borg and Gall. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas 4 di SDN 3 Undaan Kidul. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket respon siswa dan guru, uji coba pretest dan postest,angket validasi ahli materi dan media. Hasil dari penelitian ini adalah : uji validasi materi memperoleh nilai 97,05% dan uji validasi media 97,4 % dengan kategori valid. lembar jawaban guru dan siswa yang memperoleh nilai 97,5% dan 91% dengan kategori sangat baik. uji coba pretest siswa menunjukan hasil rata-rata 50,5 dan hasil rata-rata postest siswa adalah 88,0 hal ini menunjukan adanya kenaikan 74,25% Dengan demikian, produk tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan pendidikan pancasila kelas 4 SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dinar Dwi Wulandari, Universitas Muria Kudus

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nela Khoirinida, Universitas Muria Kudus

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Aryanti Nurul Fitriya, Universitas Muria Kudus

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rysma Pujianti, Universitas Muria Kudus

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rani Setiawaty, Universitas Muria Kudus

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75.

Anggraini, I. N., & Karomah, L. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA SPUB (STEM Pop Up Box) Berorientasi Problem Solving Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya. PISCES (Proceeding of Integrative Science Education Seminar), 2, 76–85.

https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/710

Anggraini, W., Nurwahidah, S., Asyhari, A., Reftyawati, D., & Haka, N. B. (2019). Development of Pop-Up Book Integrated with Quranic Verses Learning Media on Temperature and Changes in Matter. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012084

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. academia.edu.

Baiduri, B., Taufik, M., & Elfiani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. Aksioma Jurnal. https://eprints.umm.ac.id/53229/

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan.

https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113

Dewi, M. A. C., & Asri, I. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Indonesia.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPMu/article/view/20790

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14. https://journal.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/14558

Kusnandar. (2007). Guru profesional : implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. In Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH : Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294

Miftah, M., & Nur Rokhman. (2022). Kriteria Pemilihan Dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412–420. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i4.92

Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2021). fektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 2(1).2021, 2 (1). https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/273

Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547.

Sudaryono, Guguk Margono, & Wardani Rahayu. (2013). Pengembangan Instrumen Pendidikan (1st ed.). Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD.pdf. ALFABETA.

Sukmawarti, E. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Wulandari, D. D., Khoirinida, N., Fitriya, A. N., Pujianti, R., & Setiawaty, R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI HAKIKAT NKRI KELAS 4 SDN 3 UNDAAN KIDUL. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 40–52. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6099