EKSISTENSI PANCASILA DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN KARAKTER BANGSA

Authors

  • Anisah Satya Ningrum Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Nur Rahmawati Dewi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Yunia Fauziah Nur Rahmat Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6132

Keywords:

Pancasila, Character, Existence, Morale

Abstract

Permasalahan karakter bangsa terlihat sudah semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila yang disebabkan karena pengaruh perkembangan zaman dan globalisasi. Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang dijadikan sebagai ideologi negara dan memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Pancasila dalam mengatasi permasalahan karakter bangsa. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan analisis studi pustaka dengan mengumpulkan sumber data penelitian yang diambil dari jurnal, buku atau sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pancasila dapat membentuk karakter bangsa melalui penerapan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan maraknya permasalahan pada karakter bangsa yang terjadi saat ini, penerapan nilai-nilai Pancasila menjadi solusi untuk dapat meningkatkan moral dan nilai luhur bangsa melalui pemahaman dan pengimplementasian pada setiap diri bangsa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anisah Satya Ningrum, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Nur Rahmawati Dewi, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Yunia Fauziah Nur Rahmat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

References

Supriyono. (2014). “Membangun Karakter Mahasiswa Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Resolusi Konflik.” Edutech 13 (3): https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3087.

Adha, Muhammad Mona, and Erwin Susanto. (2020). “Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 15 (01): 121–38. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319.

Ananda, Rizki. (2017). “Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28.

Dwiputri, Fira Ayu, and Dinie Anggraeni. (2021). “Penerapan Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Yang Cerdas Kreatif Dan Berakhlak Mulia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1): 1267–73.

Julaeha, Siti. (2019). “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.

Lestari, Silvia Oktaviana, and Heri Kurnia. (2022). “Peran Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 5 (1): 25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179.

Mutmainah, Siti Utami, and Dinie Anggraeni Dewi. (2021). “Reaktualisasi Nilai Pancasila Dan Implementasinya Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (2): 611–18. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.396.

Rachmah, Huriah. (2013). “Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila Dan Uud 1945.” WIDYA Non-Eksakta 1 (1): 7–14. http://www.waspada.co.id.

Sulianti, Ani, Yusuf Efendi, and Halimatus Sa’diyah. (2020). “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan.” Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 5 (1): 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Ningrum, A. S., Dewi, N. R., & Rahmat, Y. F. N. (2024). EKSISTENSI PANCASILA DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN KARAKTER BANGSA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 237–243. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6132