EKSISTENSI PANCASILA DALAM MENGHADAPI PERMASALAHAN KARAKTER BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6132Keywords:
Pancasila, Character, Existence, MoraleAbstract
Permasalahan karakter bangsa terlihat sudah semakin jauh dari nilai-nilai Pancasila yang disebabkan karena pengaruh perkembangan zaman dan globalisasi. Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang dijadikan sebagai ideologi negara dan memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Pancasila dalam mengatasi permasalahan karakter bangsa. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan analisis studi pustaka dengan mengumpulkan sumber data penelitian yang diambil dari jurnal, buku atau sumber lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pancasila dapat membentuk karakter bangsa melalui penerapan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan maraknya permasalahan pada karakter bangsa yang terjadi saat ini, penerapan nilai-nilai Pancasila menjadi solusi untuk dapat meningkatkan moral dan nilai luhur bangsa melalui pemahaman dan pengimplementasian pada setiap diri bangsa Indonesia.
Downloads
References
Supriyono. (2014). “Membangun Karakter Mahasiswa Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Resolusi Konflik.” Edutech 13 (3): https://doi.org/10.17509/edutech.v13i3.3087.
Adha, Muhammad Mona, and Erwin Susanto. (2020). “Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 15 (01): 121–38. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319.
Ananda, Rizki. (2017). “Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28.
Dwiputri, Fira Ayu, and Dinie Anggraeni. (2021). “Penerapan Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Yang Cerdas Kreatif Dan Berakhlak Mulia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1): 1267–73.
Julaeha, Siti. (2019). “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 (2): 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.
Lestari, Silvia Oktaviana, and Heri Kurnia. (2022). “Peran Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 5 (1): 25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179.
Mutmainah, Siti Utami, and Dinie Anggraeni Dewi. (2021). “Reaktualisasi Nilai Pancasila Dan Implementasinya Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (2): 611–18. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.396.
Rachmah, Huriah. (2013). “Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila Dan Uud 1945.” WIDYA Non-Eksakta 1 (1): 7–14. http://www.waspada.co.id.
Sulianti, Ani, Yusuf Efendi, and Halimatus Sa’diyah. (2020). “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan.” Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 5 (1): 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisah Satya Ningrum, Nur Rahmawati Dewi, Yunia Fauziah Nur Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.