MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PKN SISWA KELAS 5 SDN TAMPUNG

Authors

  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Zulfi Hidayati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6193

Keywords:

critical thinking, project citizen, citizenship education

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest. Bertujuan untuk mengetahui model project citizen dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas 5 di SDN Tampung 1, materi pembelajaran PKN keragaman budaya terhadap peningkatan berpikir kritis siswa. Menggunakan satu kelompok sampel sebanyak 35 siswa, diberikan prates soal essay, kemudian treatment (pembelajaran project citizen) dan pascates. Hasil Uji N-Gain menujukkan bahwa nilai minimum 0,06 dan maksimum 0,68 menunjukkan kriteria N-Gain berada di interval 0,3 ≤ g < 0,7 dengan kategori sedang. Rata-rata skor berpikir kritis pada prates adalah 32,46 dengan kategori kurang (20% < T ≤ 40%), dan pascates sebesar 56,3 dengan kategori cukup (40% < T ≤ 60%).  Normalitas data menunjukkan bahwa terdistribusi normal dengan nilai signifikansi sebesar 0,200, lebih besar dari alpha pengujian 0,05 (>0,05). Hasil pengujian kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji (0,000) lebih kecil dari pada uji alpha (0,05), artinya terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa antara prates dengan pascates setelah penerapan pembelajaran project citizen (kewarganegaraan).  

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Feri Tirtoni, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Zulfi Hidayati, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

Adha, Mona, Muhammad, Hermi Yanzi, dan Yunisca Nurmalisa. (2018). “The Improvement of Student Intelectual and Participatory Skill Through Project Citizen Model in Civic Education Classroom.” International Journal Pedagogy of Social Studies 3 (1): 39–49.

———. (2019). “Open Classroom Climate: Project Citizen Model In Civic Education Learning Activity.” Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (01): 13–22. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13527.

Amri, Sofyan, dan Lif Ahmadi, Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka Raya.

Budimansyah, Dasim. (2009). “Inovasi Pembelajaran ‘Project Citizen.’” ABMAS: Media Komunikasi Dan Informasi Pengabdian Kepada Masyarakat 82: 1–4. http://jurnal.upi.edu/abmas/view/407/Inovasi Pembelajaran.

Cáceres, Martín, Miguel Nussbaum, dan Jorge Ortiz. (2020). “Integrating critical thinking into the classroom: A teacher’s perspective.” Thinking Skills and Creativity 37 (May): 100674. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100674.

Depdiknas. 2003. “Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 20003.” Zitteliana 18 (1): 22–27.

Dewey, John. (2008). Democracy and Education. https://www.gutenberg.org/files/852/852-h/852-h.htm#link2HCH0003.

Dharma, Surya, dan Rosnah Siregar. (2014). “Internalisasi Karakter melalui Model Project Citizen pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 6 (2): 132–37.

Fediy, Olga, Liudmyla Protsai, dan Nataliia Gibalova. (2021). “Pedagogical Conditions for Digital Citizenship Formation among Primary School Pupils.” Revista Romaneasca pentru Educatie Multidimensionala 13 (3): 95–115. https://doi.org/10.18662/rrem/13.3/442.

Hendrizal. 2019. “Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SD dan Solusinya.” Jurnal PPKn & Hukum 14 (2): 54–62. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7869/6755.

Ichas, Solihin, dan Nurhalimah. (2017). “Implementation of Project Citizen Model to Increase Civis Participation on Civic Education for Elementary School.” Antologi UPI 5 (1): 356–67.

Ikawati, Susane. (2018). “Implementasi Portofolio On-line Siswa Kelas 5 SD Kristen Charis dengan Menggunakan Metode Personal Blogging.” Seminar Nasional Psikologi, no. February 2018: 153–66.

Jailani, Muhamad Sufyan, Aloysius Sugiyanto, dan Nadziroh. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sd Segugus Jeruk Kecamatan Tanjung Brebes.” 2019. 2018. https://repository.ustjogja.ac.id/doc/pengaruh-model-pembelajaran-project-citizen-terhadap-hasil-belajar-pendidik5245508.

Johnson, Laura, dan Paul Morris. (2010). “Towards a framework for critical citizenship education.” Curriculum Journal 21 (1): 77–96. https://doi.org/10.1080/09585170903560444.

Kamiludin, Kamiludin, dan Maman Suryaman. (2017). “Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013.” Jurnal Prima Edukasia 5 (1): 58–67. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391.

Karliani, Eli. (2014). “Membangun Civic Engagement Melalui Model Service Learning Untuk Memperkuat Karakter Warga Negara.” Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 27 (2): 71–78.

Kristinawati, Linda. (2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Charakter Project Citizen Berbasis Outdoor , Minat Belajar dan Ber- fikir Kritis Terhadap Prestasi Siswa.” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) 13 (1): 32–39.

Luqman. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 44–59.

Nurmalisa, Yunisca, dan Muhammad Mona Adha. (2016). “Peran Lembaga Sosial Terhadap Pembinaan Moral Remaja Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1 (1): 64–71.

Rafzan, Dasim Budimansyah, Rahmat, dan Susan Fitriasari. (2020). “Development of Critical Thinking Skills Through the Citizenship Education Course in the Era of Industrial Revolution 4.0.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 418 (Acec 2019): 256–61. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.050.

Ramadayanti, N, I Wayan Muderawan, dan N Tika, I. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional MIPA 3 (2): 194–204.

Sugiyono, (2013). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” In Pendidikan Penelitian, Cetakan Ke, x, 445. Bandung: Alfabeta, CV Bandung.

Ulfah, Nada Santi, Solihin Ichas Hamid, Jurusan S- Pendidikan, Guru Sekolah, dan Fakultas Ilmu Pendidikan. (2017). “Model Project Citizen Dalam Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Antologi UPI 5 (1): 134–45.

Widiyaningrum, Kurniasari, dan Edi Purwanta. (2019). “Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis PKn Melalui Model Numbered Head Together.” Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan 16 (2): 199–208.

Yolawati, Nur, Niken, Saktian Hartantri, Dwi, dan Ino Budiatman. (2022). “Analisis Model Pembelajaran Project Citizen pada Mata Pelajaran PKn Materi Kewajiban Menjaga Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (5): 2241–51.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Tirtoni, F., & Hidayati, Z. (2024). MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PKN SISWA KELAS 5 SDN TAMPUNG. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 53–68. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6193