MODEL PROYEK PENGUATAN LITERASI KEWARGANEGARAAN UNTUK EDUKASI KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN KAMPUS

Authors

  • Zaenul Slam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6303

Keywords:

Proyek, Literasi Kewarganegaraan, Pencegahan, Kekerasan Seksual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi model proyek penguatan literasi kewarganegaraan untuk edukasi kekerasan seksual di lingkungan kampus. Model ini dikembangkan berdasar pendekatan reflective inquiry sebagai ikhtiar membelajarkan mahasiswa untuk edukasi kekerasan seksual di lingkungan kampus. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model 4-D dengan tahap define, design, develop, disseminate. Pengambilan data menggunakan lembar angket penilaian produk yang berupa (aspek validitas isi & konstruk serta kepraktisan) dan angket respon mahasiswa. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba terbatas dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba adalah 35 mahasiswa kelas C semester ketiga Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini layak digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil analisis aspek validitas model ini mencapai kriteria valid, aspek praktis model ini memiliki kriteria sangat baik, dan menunjukkan bahwa model ini cukup praktis. dan tanggapan mahasiswa terhadap model ini mendapatkan tanggapan yang baik. Model ini pada materi Hak Asasi Manusia, khususnya kasus kekerasan seksual untuk mahasiswa kelas C semester ketiga Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah memiliki kriteria yang valid dan praktis, sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zaenul Slam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Membaca menulis dan publish

References

Adam, A. (2019). Dosen Mesum FIB Undip Langgar Kode Etik, Korban: ’Ini Angin Segar’-Tirto.ID.https://tirto.id/dosen-mesum-fib-undip-langgar-kode-etik-korban-ini- anginsegar-dKUa

Angkawijaya, W.F. (2017). Peran Perguruan Tinggi sebagai Agen Perubahan Moral Bangsa: Studi Kasus Peran Konsep Diri terhadap Karakter Mulia pada Mahasiswa di Universitas X Surabaya. Widyakala, 4 (1): 36-42

Anisa et al. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1): 1-11.

Apandie & Rahmelia (2022). Project Citizen Mata Kuliah Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya. Jurnal Civic Hukum, 7 (2),: 148-163

Borg et al. (2003). Educational Research. Seventh Edition, United States Of America Center for Civic Education. 2000. Project Citizen. Calabas: CCE Center for Indonesian Civic Education. 1998. Proyek Kewarganegaraan. Bandung: CICED

Hasanah,H. (2013). Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dalam Rumah Tangga Perspektif Pemberitaan Media. Jurnal Sawwa, 9 (1): 159-178

Hidayat, A. (2020). Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak. : Indonesian Journal of School Counseling, 5(2): 57-66

Huda, F.A. (2018). Pengertian dan Langkah-langkah Pembelajaran Project Citicen. Irhamna, Bahri, & Fajriani 2018. Pengembangan Modul Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini (4-6). Jurnal Bimbingan Konseling,3 (2): 7-15

Irianto, P.O. & Febrianti, L.Y. (2017). The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula” Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA”: 640-647.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. 2017.Mencapai Kesetaraan Gender dan Memberdayakan Kaum Perempuan. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Budaya dan Kewargaan Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbudristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Panduan Pengembangan Proyek Pengatan Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

Kurniawan, M.I., (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Strategi Active Learning, Jurnal Pendidikan, 6 (1): 124-132

Marzuki, (2007). Kajian Awal Teori-Teori Gender.Jurnal Civic, 4(2): 68-77

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik, Yogyakarta: UNY Press

Nurhasanah, S. et al. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Media Edu Pustaka.

Nurpratiwi, H. (2021). Membangunkarakter mahasiswa Indonesiamelalui pendidikan moral. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(1): 29-43

Saidi, M.R., et al. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewarganegraan Terhadap Tingkat Ketahanan Pribadi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7 (1): 119-128.

Slam, Z. (2014). Pengembangan Karakter Kerjasama Berdasar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. (Disertasi) Sekolah Pasca sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Slam, Z. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta

Sundawa & Dahliyana. (2022). Strengthening civic education through project citizen as an incubator for democracy education. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(2): 763- 768.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Suryadi, K, (2010), “ Inovasi Nilai dan Fungsi Komunikasi partai Politik bagi Penguatan Civic Literacy “Naskah Pidato pengukuhan Jabatan guru Besar Ilmu Komunikasi Politik pada Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 24 November 2010.

Suryanto. (2012). Menguatkan Tradisi Reflective Inquiry Pendidikan IPS Multikuturalisme Melalui Model Pembelajaran Isu-Isu Kontroversial. International Seminar Social Studies & Economic Education In Free Trade Era UNESA 8 Desember 2022.

Trisiana,A. & Wartoyo (2020), Project Citizen : Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: Unisri Press

Widiatmaka. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Peserta Didik Di Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civic, 13 (2): 188-198.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Slam, Z. (2024). MODEL PROYEK PENGUATAN LITERASI KEWARGANEGARAAN UNTUK EDUKASI KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN KAMPUS. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 69–85. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6303