IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN DALAM SILA PANCASILA PADA PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA (STUDI KASUS SMA YAYASAN ATIKAN SUNDA BANDUNG)

Authors

  • Dimas Sahrul Hakim Universitas Pendidikan Indonesia
  • Idrus Affandi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Iman Muthaqin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6394

Keywords:

Pancasila, Kemanusiaan, Pendidikan Berbasis Budaya.

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk dapat mengidentifikasi serta menginformasikan sejauh mana implementasi nilai kemausiaan pada sila Pancasila di SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung yang merupakan sekolah berbasis budaya sunda. Penelitian ini pada proses penyusunannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian yang didapatkan dilapangan menyatakan bahwa implementasi nilai-nilai kemanusiaan di SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung dapat dilihat dari berbagai aspek seperti adanya mata pelajaran tata karma, kegiatan ekstrakulikuler khas serta manajemen sekolah yang berlandaskan silih asah, silih asih dan silih asuh sehingga terjadinya kolaborasi seluruh elmen sekolah dari mulai kepala sekolah, staff pengajar, staff non-pengajar serta peserta didik di SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dimas Sahrul Hakim, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

Idrus Affandi, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

Dwi Iman Muthaqin, Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia

References

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2021). Jumlah Tindak Pidana Menurut Jenis Kriminalitas di Kota Bandung, 2018 – 2020. [Online]. https://bandungkota.bps.go.id/statictable/2021/07/13/1549/jumlah-tindak-pidana-menurut-jenis-kriminalitas-di-kota-bandung-2018---2020.html

Creswell, J. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Edisi 4. Pustaka Pelajar.

Imron. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN 1 Sekarsuli. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Unpublise

Kaelan. (2010). Pendidikan kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Mitayani, N. A., Suwanli, R., & Wijaya, M. I. (2016). Model Sekolah Berbasis Budaya di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(2).

Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya,.

Mughni. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Demokrasi, Hak Asasi Manusia , Civi Sosiality, dan Multikultural. Malang: Pusat Studi Agama, Politik.

Normina, N. (2018). Pendidikan dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17-28.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Susanti, D. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pkk Di Desa Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Unpublise

Tilaar, H.A.R. (2000). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Hakim, D. S., Affandi, I., & Muthaqin, D. I. (2024). IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN DALAM SILA PANCASILA PADA PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA (STUDI KASUS SMA YAYASAN ATIKAN SUNDA BANDUNG). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 110–117. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6394