IMPLEMENTASI NILAI KEMANUSIAAN DALAM SILA PANCASILA PADA PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA (STUDI KASUS SMA YAYASAN ATIKAN SUNDA BANDUNG)
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6394Keywords:
Pancasila, Kemanusiaan, Pendidikan Berbasis Budaya.Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk dapat mengidentifikasi serta menginformasikan sejauh mana implementasi nilai kemausiaan pada sila Pancasila di SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung yang merupakan sekolah berbasis budaya sunda. Penelitian ini pada proses penyusunannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian yang didapatkan dilapangan menyatakan bahwa implementasi nilai-nilai kemanusiaan di SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung dapat dilihat dari berbagai aspek seperti adanya mata pelajaran tata karma, kegiatan ekstrakulikuler khas serta manajemen sekolah yang berlandaskan silih asah, silih asih dan silih asuh sehingga terjadinya kolaborasi seluruh elmen sekolah dari mulai kepala sekolah, staff pengajar, staff non-pengajar serta peserta didik di SMA Yayasan Atikan Sunda Bandung.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2021). Jumlah Tindak Pidana Menurut Jenis Kriminalitas di Kota Bandung, 2018 – 2020. [Online]. https://bandungkota.bps.go.id/statictable/2021/07/13/1549/jumlah-tindak-pidana-menurut-jenis-kriminalitas-di-kota-bandung-2018---2020.html
Creswell, J. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran Edisi 4. Pustaka Pelajar.
Imron. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN 1 Sekarsuli. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Unpublise
Kaelan. (2010). Pendidikan kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Mitayani, N. A., Suwanli, R., & Wijaya, M. I. (2016). Model Sekolah Berbasis Budaya di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(2).
Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya,.
Mughni. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Demokrasi, Hak Asasi Manusia , Civi Sosiality, dan Multikultural. Malang: Pusat Studi Agama, Politik.
Normina, N. (2018). Pendidikan dalam Kebudayaan. ITTIHAD, 15(28), 17-28.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Susanti, D. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pkk Di Desa Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Unpublise
Tilaar, H.A.R. (2000). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dimas Sahrul Hakim, Idrus Affandi, Dwi Iman Muthaqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.