PENDIDIKAN POLITIK LINTAS GENERASI DALAM MEMBANGUN PARTISIPASI POLITIK MENGHADAPI SUKSESI TAHUN POLITIK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.6493Keywords:
Pendidikan Politik, Lintas Generasi, Partisipasi PolitikAbstract
Kekhawatiran menurunnya animo masyarakat dari beberapa kelompok generasi pemilih menghadapi suksesi agenda politik menjadi tantangan bagi lembaga Komisi Pemilihan Umum yang berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024. Tingginya partisipasi politik begitu diharapkan dalam menentukan nasib bangsa dan negara ke depan pasca terpilihnya pemimpin Indonesia yang baru. Sebagai bentuk optimalisasi tingkat partisipasi politik dibutuhkan Pendidikan politik dengan konsep yang tepat diharapkan dapat mewujudkan partisipasi politik lintas generasi yang ada di masyarakat daerah. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkap implementasi pendidikan politik lintas generasi dalam membangun partisipasi politik menghadapi suksesi tahun politik di 2024. Pendidikan politik lintas generasi yang diimplementasikan melalui kolaborasi beragam pendekatan dan model yaitu melalui jalur formal pendidikan, pendekatan seni, budaya kemasyarakatan, komunitas/organisasi sosial, optimalisasi dan pengembangan teknologi media sosial serta pendidikan politik kolaboratif dan partisipatif.
Downloads
References
Barokah, Fitria & Hertanto. (2022). “Disrupsi Politik: Peluang Dan Tantangan Partai Politik Baru Jelang Pemilu 2024.” Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan 21 (1): 1–13.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan (Edisi Ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fuad, D. R. S. M., Musa K., & Hashim, Z. (2022). “Innovation Culture in Education: A Systematic Review of the Literature.” Management in Education 36 (3): 135–49. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0892020620959760.
Haryono, Dwi. (2018). “Strategi KPU Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Samarinda Tahun 2015.” Jurnal Administrative Reform 6 (2): 67–73. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52239/jar.v6i2.1900.
Iriyanti, Sri & Martini. (2022). “Pendidikan Politik Dan Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula Pada Pemilu (2024).” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas.
Jati, Wasisto Raharjo. (2021). “Fenomena Kemunduran Demokrasi Indonesia 2021.” Thc Insights 27.
Jones, Philip Edward. (2020). “Partisanship, Political Awareness, and Retrospective Evaluations, 1956–2016.” Political Behavior 42 (4): 1295–1317. https://doi.org/10.1007/s11109-019-09543-y.
Muhammad Muzaffar, Sarwat Chodhry & Naila Afzal. (2019). “Social Media and Political Awareness in Pakistan: A Case Study of Youth.” Pakistan Social Sciences Review 3 (2): 1–13. https://doi.org/10.35484/pssr.2019(3-II)01.
Persson, Mikael. (2015). “Education and Political Participation.” British Journal of Political Science 45 (3): 689–703. https://doi.org/10.1017/S0007123413000409.
Sawyer, P. S., & Korotayev, A. V. (2022). “Formal Education and Contentious Politics: The Case of Violent and Non-Violent Protest.” Political Studies Review 20 (3): 366–89. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1478929921998210.
Shahreza, Mirza. (2017). “Komunikator Politik Berdasarkan Teori Generasi.” Journal Od Communication (Nyimak) 1 (1): 33–48. https://doi.org/http://dx.doi.org-/10.31000/nyimak.v1i1.273.
Sobirovich, Sattarov Timur. (2023). “Political Socialization As A Socio-Psychological Category.” World Bulletin of Social Sciences 18: 101–4.
Sugara, H, and F Mutmainnah. (2021). “Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pembelajaran PPKn Menghadapi Digitalisasi 4.0.” Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan 4 (2): 194–210. https://doi.org/https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.701.
Sugara, Harry. (2022). “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wawasan Demokrasi Warga Negara.” Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan 5 (1): 103–16. https://doi.org/https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i1.822.
The Economist Intelligence Unit. (2021). “Democracy Index 2020: In Sickness and in Health?” Retrieved from Www.Eiu, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Harry Sugara, Fitri Mutmainnah, Della Nor Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.