STRATEGI MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Fitri Okta Purnasari Universitas Sriwijaya
  • Alfiandra Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7136

Keywords:

Differentiated Learning, Need, Independent Learning

Abstract

Pembelajaran berdiferensisi merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan dengan mengutamakan pada kebutuhan peserta didik. Diferensiasi berarti suatu proses belajar mengajar yang tujuan utamanya adalah untuk memenuhi setiap kebutuhan peserta didik dalam hal memahami materi pembelajaran yang diberikan berdasarkan gaya belajar, karakteristik, kemampuan, minat serta kekuatan mereka sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Guru diharapkan mampu mengakomodasi setiap kebutuhan dari peserta didik, menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menyenangkan, mampu mengelola kelas dengan efektif serta penilaian yang berkelanjutan sesuai dengan profil belajar mereka. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, terdapat empat aspek yang bisa dikendalikan oleh guru yaitu aspek konten, proses, produk dan lingkungan belajar di dalam kelas. Guru dapat mengklasifikasikan setiap kebutuhan dari peserta didik berdasarkan tiga aspek yaitu kesiapan belajar, minat serta profil peserta didik. Peserta didik akan menunjukkan hasil dan kinerja yang baik apabila tugas yang diberikan oleh guru sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik yang memicu semangat serta motivasi belajar dari dalaam diri mereka serta memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitri Okta Purnasari, Universitas Sriwijaya

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Alfiandra, Universitas Sriwijaya

Universitas Sriwijaya

References

Andajani, Kudubakti. (2022). “Modul Pembelajaran Berdiferensiasi.” Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru 2.

Handiyani, Mila, and Tatang Muhtar. (2022).“Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran Dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis.” Jurnal Basicedu 6 (4): 5817–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116.

Herwina, Wiwin. (2021). “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35 (2): 175–82. https://doi.org/10.21009/pip.352.10.

Himmah, Fakinatul Izzun, and Nursiwi Nugraheni. (2023). “Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 4 (1): 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045.

Moh. Nawafil, and Junaidi Junaidi. (2020). “Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran Yang Membebaskan.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4 (2): 215–25. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193.

Pramudianti, Mia, Choirul Huda, Widya Kusumaningsih, and Christin Eni Wati. (2023). “Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7 (2): 1315–1312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4978.

Putriana Naibaho, Dwi. (2023). “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1 (2): 81–91.

Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. (2022). “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6 (2): 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Safarati, Nanda, and Fatma Zuhra. (2023). “Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah.” GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan 6 (November): 33–37.

Setyaningrum, Indah, Arbaa Insani Nuraini, Erna Noor Savitri, and Pembelajaran Berdiferensiasi. (2023). “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning.” Prosiding Seminar Nasional IPA, 34–43.

Sujana, I Wayan Cong. (2019). “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. (2022). “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7 (2): 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114.

Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, and Intan Permata Sari. (2022). “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2 (04): 529–35. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Purnasari, F. O., & Alfiandra. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 129–135. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7136