STRATEGI MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7136Keywords:
Differentiated Learning, Need, Independent LearningAbstract
Pembelajaran berdiferensisi merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan dengan mengutamakan pada kebutuhan peserta didik. Diferensiasi berarti suatu proses belajar mengajar yang tujuan utamanya adalah untuk memenuhi setiap kebutuhan peserta didik dalam hal memahami materi pembelajaran yang diberikan berdasarkan gaya belajar, karakteristik, kemampuan, minat serta kekuatan mereka sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Guru diharapkan mampu mengakomodasi setiap kebutuhan dari peserta didik, menciptakan lingkungan dan suasana belajar yang menyenangkan, mampu mengelola kelas dengan efektif serta penilaian yang berkelanjutan sesuai dengan profil belajar mereka. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, terdapat empat aspek yang bisa dikendalikan oleh guru yaitu aspek konten, proses, produk dan lingkungan belajar di dalam kelas. Guru dapat mengklasifikasikan setiap kebutuhan dari peserta didik berdasarkan tiga aspek yaitu kesiapan belajar, minat serta profil peserta didik. Peserta didik akan menunjukkan hasil dan kinerja yang baik apabila tugas yang diberikan oleh guru sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik yang memicu semangat serta motivasi belajar dari dalaam diri mereka serta memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai.
Downloads
References
Andajani, Kudubakti. (2022). “Modul Pembelajaran Berdiferensiasi.” Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru 2.
Handiyani, Mila, and Tatang Muhtar. (2022).“Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran Dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis.” Jurnal Basicedu 6 (4): 5817–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116.
Herwina, Wiwin. (2021). “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35 (2): 175–82. https://doi.org/10.21009/pip.352.10.
Himmah, Fakinatul Izzun, and Nursiwi Nugraheni. (2023). “Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 4 (1): 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045.
Moh. Nawafil, and Junaidi Junaidi. (2020). “Revitalisasi Paradigma Baru Dunia Pembelajaran Yang Membebaskan.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4 (2): 215–25. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.193.
Pramudianti, Mia, Choirul Huda, Widya Kusumaningsih, and Christin Eni Wati. (2023). “Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7 (2): 1315–1312. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4978.
Putriana Naibaho, Dwi. (2023). “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1 (2): 81–91.
Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. (2022). “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6 (2): 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Safarati, Nanda, and Fatma Zuhra. (2023). “Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah.” GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan 6 (November): 33–37.
Setyaningrum, Indah, Arbaa Insani Nuraini, Erna Noor Savitri, and Pembelajaran Berdiferensiasi. (2023). “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning.” Prosiding Seminar Nasional IPA, 34–43.
Sujana, I Wayan Cong. (2019). “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1): 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. (2022). “Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN 7 (2): 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114.
Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, and Intan Permata Sari. (2022). “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2 (04): 529–35. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Okta Purnasari, Alfiandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.