ANALISIS PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN MORAL DI SMA TAMAN MULYA KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Yuliananingsih M. IKIP PGRI Pontianak
  • Dewi Maharani Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.960

Keywords:

Tata Tertib Sekolah, Pembinaan moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tata tertib sebagai sarana pembinaan moral di kelas XI SMA Taman Mulia Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk kualitatif, dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan hasil penelitian bahwa pembinaan moral yang dilakukan oleh guru dengan berbagai cara seperti memberikan teguran baik secara lisan maupun tulisan, dan hukuman agar dapat menimbulkan efek jera pada siswa, memberikan contoh teladan yang baik, memberikan ketegasan berupa reward dan punishmen kepada siswa melakukan pelanggaran tata tertib sehinga timbul efek jera, memberi nasehat dan arahan, memberi pelayanan bagi pertumbuhan mental maupun spiritual, menjalin kerjasama dengan orang tua/wali siswa dalam membimbing siswa, serta membiasakan untuk membentuk sikap baik yang dilakukan secara berulang-ulang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuliananingsih M., IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

Dewi Maharani, Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

Mahasiswa Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

References

Darmadi Hamid (2009). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung, Alfabe

Ghazali, A.M (2004). Ciciv Education, Pendidikan Kewarganegaraan Prespektif Islam. Bandung, Benang Merah Press

Hidatullah, F (2010). Pendidkan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta, Yumapustaka

Mannan (2017). Pembinaan Moral Dalam Membentuk Karakter Remaja. Jurnal Aqidah-Ta Vol. III No. 1 Thn. 2017 (online). http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/aqidah-ta/article/download/3408/3210.

Sugiyono ( 2012). Metode Pedelitian Kualitatif, Kuantitiatif, dan R&D. Bandung, Alfabe

Zuriah Nurul (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta, PT. Bumi Aksara

Zuldafrial (2011). Pendekatan Kualitatif. Pontianak, STAIN Pontianak Press.

http://www.bimbingan.org/pengertian/pendekatan-deskriptif-analitik. htm diakses pada tanggal 10 Maret 2018

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

M., Y., & Maharani, D. (2019). ANALISIS PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN MORAL DI SMA TAMAN MULYA KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.960

Issue

Section

Artikel Penelitian