PERAN GURU PPKn DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PENDEKATAN KETELADANAN GURU DI MAN 1 SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7333Keywords:
Teacher's Role, Discipline, Approach, ExampleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa melalui pendekatan keteladanan guru di MAN 1 Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dimana metode penelitian yang berusaha mengumpulkan data secara naratif dalam bentuk kata-kata dari fenomena yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn, guru BK, dan siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa melalui pendekatan keteladanan guru yaitu mengadakan pembinaan untuk mempertinggi budi pekerti dan kepribadian siswa, membimbing tingkah laku siswa sehari-hari di sekolah; (2) bentuk keteladanan guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa adalah memberi contoh yang baik, menegur siswa yang melanggar secara lisan; (3) kendala yang dihadapi guru PPKn dalam membina kedisiplinan siswa yaitu sifat dan karakteristik siswa berbeda-beda sehingga mengabaikan arahan dan bimbingan yang disampaikan oleh guru; (4) solusi yang dilakukan guru PPKn dalam mengatasi pelanggaran kedisiplinan siswa yaitu guru terus mengingatkan siswa tentang tata tertib, menjadi contoh teladan bagi siswa dan melakukan pendekatan kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah.
Downloads
References
Arniah, Arniah, Ahmad Rifa’I, and Miftahul Jannah. (2022). “Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6 (5): 8626–34. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843.
Harahap, Kasmudin, Seri Surianti, and Ahmad Faizi Nasution. (2023). “Peranan Guru Pkn Dalam Membentuk Karakter Siswa Dikelas X Madrasah Aliyah Swasta Al-Mukhishin Sibuhuan.” Jurnal Kewarganegaraan 2 (01): 35–42.
Hasan, Hasmiana. (2015). “Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di Sd Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Pesona Dasar 1 (4): 40–51.
Karso. (2019). “Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 384.
Kurniati, Kurniati, Rohmad Widodo, and Budiono Budiono. (2018). “Peranan Guru Pkn Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Di Man Malang 1.” Jurnal Civic Hukum 3 (2): 163. https://doi.org/10.22219/jch.v3i2.8657.
Listari, Umi. (2019). “Peranan Guru PPKn Dalam Menerapkan Disiplin Siswa Kelas X SMA.”Jurnal.Untan.Ac.Id,6.https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35777.
Magdalena, Maria, Zagoto, and Yarni Nevi. (2019). “Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 2 (1): 260–63.
Mutmainah Dewi, Kamaluddin. (2018). “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Dan Kepribadian Siswa.” Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan 6 (2): 44–53.
Rince, Marta Da, Gisela Nuwa, and Petrus Kpalet. (2021). “Peran Guru Pkn Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 8 (1): 49–56. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.11722.
Rizki Ramdani, Dinie Anggraeni Dewi, Yayang Furi Furnamasari. (2021). “Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan Dewantara … 5 (3): 9034–38. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/102%0Ahttps://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/download/102/66.
Sari, Anisa Yunita, and Fitri Rofiyarti. (2017). “Penerapan Disiplin Sebagai Bentuk Pembinaan Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini.” Pedagogi 3 (3c): 227–39.
Siona, Putri, and Roni Rustandi. (2023). “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Di SMK Letris Indonesia 1 Tangerang Selatan.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik 1 (1): 18–33. https://doi.org/10.61476/xmxt8m27.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Suwartini, Sri. (2017). “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An Vol. 4 (1): 220–34.
Totok, Tolak. (2018). “Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Peneguh Karakter Bangsa.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 8 (November): 1–20. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/4314/6112.
Wardhani, Novia Wahyu, and Margi Wahono. (2017). “Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter.” Untirta Civic Education Journal 2 (1): 49–60. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitri Anggi Nurisni, Bambang Sumardjoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.