ANALISIS PERANAN REMAJA MASJID DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI KELURAHAN SIANTAN HULU PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7359Keywords:
Remaja Masjid, Karakter ReligiusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembinaan Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak, Kegiatan Keagamaan Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak, dan Upaya Pengembangan Karakter Religius Remaja Masjid di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk survey. Sampel yang digunakan adalah 30 remaja yang beragama islam dengan menggunakan teknik observasi, wawancara tidak langsung,dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan panduan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan remaja masjid dengan angka persentase 80.17%, kegiatan keagamaan remaja masjid dengan angka persentase 80.33%, dan upaya pengembangan karakter religius dengan angka persentase 81.33% menunjukkan peran remaja masjid nurul iman di kelurahan siantan hulu dalam mengembangkan karakter religius melalui kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di masjid sebagai pusat aktivitas remaja dalam membentuk jati diri dengan adanya pembinaan remaja dalam memakmurkan masjid serta mengarahkan generasi muda islam.
Downloads
References
Admin, (2011). 18 Indikator Pendidikan Karakter Bangsa. http://belajaronlinegratis. diakses
pada tangggal 29 september 2021,
Arikunto, S (2005). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.
Darmadi, H. (2011). “Metode Penelitian”, Bandung: Alfabeta
Umar , J. (2003), Panduan Remaja Masjid, Surabaya: CV. Alfa Surya Grafika.
Jalaludin, (2001).Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kamaludiningrat, (2010). “Meningkatkan Peran Dan Fungsi Masjid Dalam Dakwah Dan
Pembinaan Masyarakat Madani Beriman Dan Bertaqwa”, Yogyakarta: Jurnal Ulama.
Marzuki, (2019). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Imprint Bumi Aksara.
Nawawi, H. (2003). Metodologi Penelitian Bidang Social. Yogyakarta: Gajah Mada
University Press.
Riduwan, (2002). “Skala Pengukuran variabel-variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Siswanto, (2005). Hakikat Pengelolaan Organisasi Remaja Masjid. http://google
.co.id/url?=eprints.ung.ac diakses tanggal 25 januari 2021
Siswanto, (2015).Panduan Praktis Organisasi Remaja Masjid. Jakarta Timur: Pustaka AlKautsar.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparlan (2010). Pendidikan karakter: Sedemikian pentingkah dan apakah yang harus kita
lakukan (www.suparlan.com) diakses tanggal 20 juni 2021.
Yani, A. (2016). Panduan Memakmurkan Masjid Praktis Bagi Aktivis Masjid. Jakarta: LPPD
Khairu Ummah.
Zuldafrial, (2012). “Penelitian Kuantitatif”, surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lila Tusakdia, HR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.