KENDALA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 9 KOTA PONTIANAK DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Erna Octavia IKIP PGRI Pontianak
  • M. Anwar Rube’i IKIP PGRI Pontianak
  • Syarif Firmansyah IKIP PGRI Pontianak
  • Nurhadianto IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7368

Keywords:

Obstacles, implementation, Project for Strengthening Pancasila Student Profiles, Independence curriculum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kendala dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 9 Kota Pontianak Dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada. Hasil penelitian ini dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat sebagai upaya mengembangkan teori keilmuan tentang dan Kendala Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kurikulum merdeka siswa lebih terfokus pada penguatan profil pelajar Pancasila melalui pelajaran tambahan yaitu Projek. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erna Octavia, IKIP PGRI Pontianak

Dosen program studi PPKN Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

M. Anwar Rube’i, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

Syarif Firmansyah, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

Nurhadianto, IKIP PGRI Pontianak

Dosen prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila - Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Hamid Darmadi. (2019). Buku Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Bandung : PT Remaja

Hikmah. (2020). Informasi Kurikulum Indonesia. Bandung. Press Alfabetha.

Hamalik. (2004). System Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum. Bandung : Refika Tama.

Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2023 Sistem Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Octavia, E., Rube’i, M. A., Firmansyah, S., & Nurhadianto. (2024). KENDALA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 9 KOTA PONTIANAK DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 154–159. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7368