KENDALA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 9 KOTA PONTIANAK DALAM KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7368Keywords:
Obstacles, implementation, Project for Strengthening Pancasila Student Profiles, Independence curriculumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kendala dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 9 Kota Pontianak Dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang ada. Hasil penelitian ini dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat sebagai upaya mengembangkan teori keilmuan tentang dan Kendala Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kurikulum merdeka siswa lebih terfokus pada penguatan profil pelajar Pancasila melalui pelajaran tambahan yaitu Projek. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila - Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Hamid Darmadi. (2019). Buku Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Bandung : PT Remaja
Hikmah. (2020). Informasi Kurikulum Indonesia. Bandung. Press Alfabetha.
Hamalik. (2004). System Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum. Bandung : Refika Tama.
Undang-Undang Nomor. 20 Tahun 2023 Sistem Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2002). Metode Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erna Octavia, M. Anwar Rube’i, Syarif Firmansyah, Nurhadianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.