PENCEGAHAN TINDAK PERUNDUNGAN (BULLYING) SISWA SMPN Se-KECAMATAN SINGKAWANG UTARA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7375

Keywords:

Bullying, Cyberbullying, intimidasi.

Abstract

Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya (Sejiwa, 2008). Remaja yang menjadi korban bullying lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Adapun masalah yang lebih mungkin diderita anak-anak yang menjadi korban bullying, antara lain munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, kegelisahan dan masalah tidur yang mungkin akan terbawa hingga dewasa, keluhan kesehatan fisik, seperti sakit kepala, sakit perut dan ketegangan otot, rasa tidak aman saat berada di lingkungan sekolah, dan penurunan semangat belajar dan prestasi akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya bullying oleh remaja, peran-peran dalam tindakan bullying, dan jenis-jenis bullying pada jenjang SMP di kota Singkawang. Sumber data tulisan ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitiaf. Faktor yang mempengaruhi terjadinya bullying bisa datang dari individu, keluarga, kelompok bermain, hingga lingkungan komunitas pelaku. Tindakan ini sangat berhubungan dengan dunia Pendidikan untuk bisa mengatasi permasalahan maraknya pelaku bullying di tingkat sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moad Moad, IKIP PGRI PONTIANAK

Program Studi PPKN, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

Hadi Rianto, IKIP PGRI PONTIANAK

PRODI PPG IKIP PGRI PONTIANAK

References

Amanda, J. W. (2009). Cyberbullying and Daring Harassment: Reconceptualizing the Victimization of Adolescent Girls. . Female Crime Victims: Reality Re-considered: In V. Garcia & J. Clifford (Eds.) Upper Sadd.

Amini, Y. S. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.

Andrews, T. (2012). What is Social Constructionism?Grounded Theory Review. An International Journal, 11 (1).

Christina, V. (2011). Dampak Psikologis Korban Bullying, Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Disa, M. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying pada remaja. Semarang, Indonesia: Paperseminar dan workshop APSIFOR Indonesia.

Firdaningsih, C. (2022). Upaya Guru dalam Mengurangi Perilaku Perundungan Siswa (Studi Kasus Di SDN 1 Nologaten Ponorogo). Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Repository IAIN Ponorogo.

Hartling, L. M. (1999). Humiliation: Assessing the impact of derision, degradation, and debasement. Journal of Primary Prevention,, 19(4): 259–278. doi:10.1023/A:1022622422521.

Jackson, M. (1999). Distinguishing shame and humiliation (Doc-toral Dissertation). Retrieved from ProQuest Dissertation and Thesis Database.

KBBI. (2020). (Kamus Besar Bahasa Indonesia). . Kamus versi Ofline.

Kusumasari Kartika, e. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana . Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (1) 51-62

Lindner, E. G. (2007). In times of globalization and human rights:Does humiliation become the most disruptive force? . Journal ofHuman Dignity and Humiliation Studies,, 1(1), 1–30.

Mc Dougall, W. (2001). An Introduction to Social Psychology. Canada: Batoche Books.

Meltzer, H. V. (2011). Victims of bullying in childhood and suicide inadulthood. European Psychiatry,, 26, 498– 503.

Miles, M. H. ( 2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Robert Thornberg. (2011, ). The Social Construction of Bullying in School: A Review of Qualitative Research. Children & society, 25(4): 258-267.

Sejiwa. (2008). Bullying: Panduan bagi Orang Tua dan Guru Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. . Bandung: PT Alfabet.

Willard, N. (2005). Educator’s guide to cyberbullying and cyberthreats. United State: Journal Research Press.

Wiyani, N. A. (2012). From School Perundungan. Jakarta: Ar-ruzz Media.

Y. Singgih D. Gunarsa dan Singgih D. Gunarsa. (1990). Psikologi Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Yusuf, S. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Moad, M., & Rianto, H. (2024). PENCEGAHAN TINDAK PERUNDUNGAN (BULLYING) SISWA SMPN Se-KECAMATAN SINGKAWANG UTARA . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 160–170. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7375