IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PERWUJUDAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Hemafitria Hemafitria IKIP PGRI Pontianak
  • Rohani Rohani IKIP PGRI Pontianak
  • Mirna Safira IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7382

Keywords:

Inependent Curriculum, Profile Pancasila Students, Citizenship Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam perwujudan profil pelajar Pancasila melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subyek penelitian Kepala Sekolah, Waka Kurikum, Guru PPKn dan Siswa. Alat pengumpulan data adalah panduan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu Perencanaan penguatan dimensi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PKn oleh guru  yaitu disusun dalam bentuk modul ajar mata pelajaran PKn. Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui penguatan dimensi profil pelajar pancasila di SMP Negeri 5 Sungai Kakap yaitu guru harus menjadi teladan, inspirator, perencana pembelajaran, mampu menjelaskan nilai-nilai Pancasila, mampu untuk menerapkan model proyek,  motivator dan evaluator. Faktor yang mempengaruhi perwujudan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PKn yaitu pendukung terdiri dari faktor SDM guru yang berkomitmen, faktor peserta didik yang terlebih dahulu diseleksi, faktor fasilitas pembelajaran yang lengkap, faktor metode pengembangan pembelajaran , faktor adanya komite sekolah dan anggota masyarakat yang merespon setiap aktifitas pembelajaran. faktor penghambat pula yang mempengarui pelaksanaan profil pelajar Pancasila seperti faktor kurangnya SDM yang diharapkan mampu menjabarkan kurikulum berkarakter, belum adanya sosialisai yang spsifik mengenai pembentukkan profil pelajar Pancasila,  belum adanya bimtek secara komprehensi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hemafitria Hemafitria, IKIP PGRI Pontianak

Dosen program studi ppkn IKIP PGRI Pontianak

Rohani Rohani, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

Mirna Safira, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI Pontianak

References

Farisi, A., Hamid, A., Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2 (3). 283 – 287. https://media.neliti.com/media/publications/202647-pengaruh-model-pembelajaran-problem-base.pdf

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Makariem (2022) Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2021. <http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila.

Moleong, L. J. (2012). Meodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, H. E. (2020). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Nurrita Teni.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1),

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020- 2024

Rahman, (2018) Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Profil Pelajar Pancasila. (http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14410 18.38, 20-10-2023).

Rudiawan, R dan Asmaroini, A.P (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo 6(1): 55-63

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Siswoyo, dkk (2018) Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak

SK Kepala Badan Satandar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi no. 009/H/KR/2022 Tentan Dimensi, Elemen dan Subelemen Propfil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1): 27.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Hemafitria, H., Rohani, R., & Safira, M. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PERWUJUDAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 180–194. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7382