EKSPLORASI JATI DIRI MAHASISWA: ANALISIS SOSIAL EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH MELALUI MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7392

Keywords:

Socioeconomic, the Student Development course

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sosial ekonomi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah melalui mata kuliah Perkembangan Peserta Didik. Mata kuliah ini dianggap sebagai alat eksplorasi yang membantu memahami bagaimana jati diri mahasiswa terbentuk. Analisis sosial ekonomi dianggap kunci untuk memahami kompleksitas dan keberagaman mahasiswa dalam konteks pendidikan sejarah. Keberhasilan mata kuliah ini dianggap menandai tahap lebih dalam dalam menggali realitas mahasiswa sebagai individu unik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fivi Irawani, IKIP PGRI Pontianak

IKIP PGRI PONTIANAK

Muhammad Syaifulloh, IKIP PGRI PONTIANAK

IKIP PGRI PONTIANAK

References

Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim, 1(2), 277-294.

Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 103-125.

Mualifah, I. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 101-121.

Tualaka, J. F. (2010). Sepiring Motivasi Untuk Sarapan Pagi. Jogja Bangkit Publisher.

Sriyanto, H., & Nuh, A. (2023). BAGIAN III PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER. WAWASAN PENDIDIKAN GLOBAL, 47.

Kusmayadi, Y. (2017). Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Nasional Indonesia dan Wawasan Kebangsaan Dengan Karakter Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Galuh Ciamis). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 1-19.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi nilai-nilai pancasila untuk membangun karakter pelajar pancasila di lingkungan kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62-70.

Boiliu, N. I. (2023). Pragmatisme John Dewey dalam Praktik Pendidikan Agama Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 8(1), 1-9.

Musman, A. (2021). Terapi Praktis Mengubah Kebiasaan Buruk: Berubahlah Sekarang, Karena Waktu Tidak Akan Menunggu Anda. Anak Hebat Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Irawani, F., & Syaifulloh, M. (2024). EKSPLORASI JATI DIRI MAHASISWA: ANALISIS SOSIAL EKONOMI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH MELALUI MATA KULIAH PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), 195–205. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7392