PERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK

Authors

  • Fety Novianty IKIP PGRI PONTIANAK
  • Erna Octavia IKIP PGRI PONTIANAK
  • Uray Andriani IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7428

Keywords:

Guru, Perilaku Negatif, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. 2) Faktor-faktor apa saja penyebab terjadinya perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. 3) Hambatan apa saja yang dialami guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negtaif siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif.  Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik documenter. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, display atau penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran Guru PPKn dalam menanggulangi perilaku negatif pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pontianak yaitu peran sebagai pembimbing, peran sebagai komunikator, peran sebagai model dan agen moral. Mengenai faktor penyebab terjadinya perilaku negatif siswa yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal, kemudian hambatan yang dialami guru dalam menanggulangi perilaku negatif siswa yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya pengetahuan peserta didik mengenai akibat kenakalan yang dilakukan, pergaulan peserta didik dengan teman yang nakal dan kurangnya pengawasan serta perhatian orang tua

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fety Novianty, IKIP PGRI PONTIANAK

IKIP PGRI PONTIANAK

Erna Octavia, IKIP PGRI PONTIANAK

IKIP PGRI PONTIANAK

Uray Andriani, IKIP PGRI PONTIANAK

IKIP PGRI PONTIANAK

References

Abdullah, Idi. (2011). Sosiologi Pendidikan Individu. Jakarta: Rajawali Pers.

Dinarwati Sarpan. (2019). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Menaggulangi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di Smp Negeri 3 Sampolawa. SELAMI IPS Edisi Nomor 1 Volume 12.

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikuklum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, Dan Solusi Guru Dalam Mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Kartini, Kartono. (2013). Jilid 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mahmud, M. Dimyati. (2010). “Psikologi Pendidikan”. Bandung: Pustaka Setia.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Solso. (2010). Psikologi Kognitif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah Muhibbin. (2017). Psikologi Belajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vembriarto. (2011). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Novianty, F., Octavia, E., & Andriani, U. (2023). PERAN GURU PPKn DALAM MENANGGULANGI PERILAKU NEGATIF PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 24–35. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7428