PERAN ETIKA PROFESI KEPENDIDIKAN PADA GURU UNTUK MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN

Authors

  • Fatimah Az-zahra Universitas Negeri Medan
  • Triya Anggraini Universitas Negeri Medan
  • Rouli br Lumban Batu Universitas Negeri Medan
  • Devi Sri Wahyuni Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7464

Keywords:

Etika Profesi, Nilai Karakter, Pembelajaran PPKn, Peserta didik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam dunia pendidikan, peran etika profesi bagi guru sangat di perlukan untuk melaksanakan pembelajran, terutama dalam mata pelajaran PPKn yang mengajarkan tentang pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran etika profesi kependidikan yang diterapkan oleh guru untuk membangun nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan cara mengumpulkan informasi yang dibaca dan dicatat dari sumber yang relevan baik buku maupun jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran etika profesi pada guru sangat di perlukan untuk membentuk karakter peserta didik dan guru harus menerapkan prinsip-prinsip etika profesi dan mengintegrasikan di dalam pembelajaran. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan dalam pendidikan formal untuk membina sikap moral peserta didik agar memiliki karakter dan berkepribadian yang positif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fatimah Az-zahra, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

Triya Anggraini, Universitas Negeri Medan

Mahasiswi

Rouli br Lumban Batu, Universitas Negeri Medan

Mahasiswi

Devi Sri Wahyuni, Universitas Negeri Medan

Mahasiswi

Sri Yunita, Universitas Negeri Medan

Dosen

References

Adi, K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Bararah, I. (2022). Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 996.

Illahi, Nur. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah 21 (1): 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94.

Larasati, Umi. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Terjadinya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 5 (3): 7. eprints.ums.ac.id/26682/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf.

Maidah, R. Andi Ahmad Gunadi, Zulfitria. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn.” Jurnal InstruksionaL 3 (3): 142–49.

Nadhif, Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Faniya Putriani Helna Santika Krisnaufal, and Mudhoffar Natia Grashella Ananda Putri. (2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan 7 (2): 1983–88.

Rohman, Muhamad Asvin Abdur. (2019). Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi Dan Implementasi. Ejournal.Insuriponorogo.Ac.Id 11: 125. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/96.

Setiyaningsih, Dewi. (2020). Peran Etika Dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Holistika 4 (1): 27. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.27-36.

Supriyadi, Supriyadi. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 2 (2): 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476.

Surajiyo, S. (2022). Prinsip-Prinsip Etis Profesi Akuntan. Prosiding Serina, 781–88. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/19803.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Fatimah Az-zahra, Triya Anggraini, Rouli br Lumban Batu, Devi Sri Wahyuni, & Sri Yunita. (2024). PERAN ETIKA PROFESI KEPENDIDIKAN PADA GURU UNTUK MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7464