PERAN ETIKA PROFESI KEPENDIDIKAN PADA GURU UNTUK MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7464Keywords:
Etika Profesi, Nilai Karakter, Pembelajaran PPKn, Peserta didikAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam dunia pendidikan, peran etika profesi bagi guru sangat di perlukan untuk melaksanakan pembelajran, terutama dalam mata pelajaran PPKn yang mengajarkan tentang pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran etika profesi kependidikan yang diterapkan oleh guru untuk membangun nilai-nilai karakter peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian pada artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dengan cara mengumpulkan informasi yang dibaca dan dicatat dari sumber yang relevan baik buku maupun jurnal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran etika profesi pada guru sangat di perlukan untuk membentuk karakter peserta didik dan guru harus menerapkan prinsip-prinsip etika profesi dan mengintegrasikan di dalam pembelajaran. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan dalam pendidikan formal untuk membina sikap moral peserta didik agar memiliki karakter dan berkepribadian yang positif sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Downloads
References
Adi, K. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Bararah, I. (2022). Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(4), 996.
Illahi, Nur. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah 21 (1): 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94.
Larasati, Umi. (2016). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Terjadinya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 5 (3): 7. eprints.ums.ac.id/26682/21/NASKAH_PUBLIKASI.pdf.
Maidah, R. Andi Ahmad Gunadi, Zulfitria. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn.” Jurnal InstruksionaL 3 (3): 142–49.
Nadhif, Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Faniya Putriani Helna Santika Krisnaufal, and Mudhoffar Natia Grashella Ananda Putri. (2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan 7 (2): 1983–88.
Rohman, Muhamad Asvin Abdur. (2019). Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP): Teori, Metodologi Dan Implementasi. Ejournal.Insuriponorogo.Ac.Id 11: 125. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/96.
Setiyaningsih, Dewi. (2020). Peran Etika Dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Holistika 4 (1): 27. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.27-36.
Supriyadi, Supriyadi. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan 2 (2): 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476.
Surajiyo, S. (2022). Prinsip-Prinsip Etis Profesi Akuntan. Prosiding Serina, 781–88. https://journal.untar.ac.id/index.php/PSERINA/article/view/19803.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatimah Az-zahra, Triya Anggraini, Rouli be Lumban Batu, Devi Sri Wahyuni, Sri Yunita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.