PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUTANSI KEUANGAN LEMBAGA SMK KOPERASI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7473Keywords:
Hasil Belajar, Model Paikem GembrotAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X AKL SMK Koperasi Pontianak. mengatasi masalah dengan menggunakan model Paikem Gembrot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Paikem Gembrot untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Paikem Gembrot SMK Koperasi Pontianak. Metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2021. Subjek penelitian siswa kelas X AKL SMK yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang, dan siswa perempuan 11 orang. Teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi, dan penilaian kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran PPKn di kelas X AKL SMK Koperasi Pontianak pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 65.68 %. Selanjutnya dari 20 orang siswa hanya 13 orang yang tuntas dengan ketuntasaan klasikal 70 %. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 83.85% dari 20 orang siswa terdapat 19 orang siswa tuntas dengan ketuntasaan klasikal 95 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Paikem Gembrot dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas X SMK AKL Koperasi Pontianak.
Downloads
References
Ahmadi,lif khoiru dan Sofan Amri.(2011) Paikem Gembrot Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira Dan Berbobot.jakarta : PT. Prestasi Pustaka Raya. Jurnal program prasarjana.
Jihad, Asep & Abdul Haris.(2008) Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta. Multi Presindo.
Cholisin.(2004). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education).Yogyakarta Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi UNY.
Dimayati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Habibah, Umu. (2014). Penerapan model PAIKEM GEMBROT untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII C SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015,” Skripsi S1 FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hidayah, N, Waluyo, J, & Hariani, S.A (2015).Penerapan Pendekatan PAIKEM dengan Strategi PQ4R dalam meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar pada mata pelajaran biologi.Jurnal Pancaran.
Jauhari, Muhammad (2011).Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pemeblajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning):Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kemendikbud.(2017). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat kurikulum
Magdalena,Citra, (2017).Penerapan Model Paikem Dalam Pembelajaran PPKn Berbasis karakter. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017.
Mas’ud, Abu. (2009). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan(Paikem).Jurnal Pendidikan.
Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya
Rusman , (2013). Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfaberta
Tim Penyusun. (2022). Pedoman Operasional Tahun Akademik 2021/2022 Tentang Akademik Kemahasiswaan Penulisan Skripsi Dan Makalah Pontianak.
Uno, B. Hamzah. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.