PENGARUH MODEL DISCOVERYnLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIKIKELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 2 WARU

Authors

  • Sofi Eka Yulianti Yulianti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Machful Indra K. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7573

Keywords:

Kognitif, Hasil Belajar, Model Discovery Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Desain penelitian One Group Pretest-Postest. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam riset ini melibatkan responden sebanyak 20 peserta didik. Peserta didik yang dipilih yakni dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena peneliti beranggapan jumlah populasi terlalu kecil sehingga digunakan secara keseluruhan. Dalam penelitian ini pengujian digunakan melalui program SPSS 25 sebagai alat bantu olah data statistik. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa 1) adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Peserta Didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Waru. 2) besarnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas IV SD Muhammadiyah 2 Waru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sofi Eka Yulianti Yulianti, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Machful Indra K., Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

References

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan”model pembelajaran”discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 17–30. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id

Suryosubroto, B. (2009).Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran”Discovery”Learning”Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian”Pendidikan”Dasar, 2, 90–98.

Dimyati, & Mudjino. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal”Pendidikan (Teori Dan Praktik),4(1), 59.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online.

Wisnu Kemuning, dkk (2015), PengaruhModel Discovery Learning Berbantuan Kartu Masalah Pada Materi Gerak Lurus TerhadapHasil Belajar Siswa”Kelas X IPA SMAN 1 Mranggen Tahun Pelajaran 2014/2015

Illahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Diva Press.

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110

Yupita I. A. (2013). Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Istikomah, N., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(3), 130–138.

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Yulianti, S. E. Y., & Indra K., M. (2023). PENGARUH MODEL DISCOVERYnLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIKIKELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 2 WARU. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 101–106. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7573