PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS XI SMAN 2 SUNGAI RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7574Keywords:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Karakter Nasionalisme.Abstract
Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan materi Berkarakter Nasionalisme pada mata pelajaran PPKn dikelas IPA 1 SMA Negeri 2 Sungai Raya. Metode penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Sungai Raya. Pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian bahwa penerapan rancangan pelaksanaan pembelajaran berkarakter nasionalisme pada pelajaran PPKn dikelas XI IPA 1 dilakukan melalui pembelajaran oleh guru dengan menjelaskan materi yang berkaitan dengan nilai berkarakter nasionalisme. Belajar mengajar dilakukan guru seperti mengucapkan salam saat masuk keruang kelas mengecek kerapian siswa, membersihkan sampah dalam laci siswa, absen kehadiran siswa, berdoa sebelum memulai pelajaran, guru membahas materi sebelumnya dan menyampaikan materi yang akan dipelajari. Nilai yang terdapat pada indikator yaitu bangga sebagai bangsa Indonesia, Cinta Tanah air, Menerima Kemajemukan, peduli social.
Downloads
References
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada. Amri. Sofan (2013). Model Pembelajaran dan Pengembangan dalam Kurikulum Jakarta: PT. Prestasi di perpustakaan
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bistari (2015) Mewujudkan Penelitian Tindakan Kelas (Kenaikan Pangkat Bagi Guru) Pontianak: PT. Ekadaya Multi Inovasi.
Mulyasa, (2011). Konsep, Metode, dan Strategi Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Pemuda Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pelaksanaan Kurikulum.
Satori, Djam’an. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif .Bandung: Alphabet.
Suprapto, Haddy. (2017). Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.