KAJIAN TENTANG UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MEMBINA KARAKTER REMAJA

Authors

  • Aprillio Poppy Belladonna STKIP Pasundan Cimahi, Bandung.
  • Nova Amelia STKIP Pasundan Cimahi, Bandung.

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.759

Keywords:

Pondok Pesantren, Karakter, Remaja

Abstract

Persoalan karakter kini menjadi sorotan yang utama. Kualitas nilai-nilai karakter serta moral yang semakin menurun, terlihat dari banyaknya tindakan-tindakan yang tidak sesuai norma yang kian marak, terlebih di kalangan remaja. Remaja sebagai tonggak generasi penerus bangsa diharapkan dapat menjadi warga negara yang baik dan cerdas (smart and good citizenship) yang nampak melalui sikap dan perilaku yang baik sesuai dengan norma yang berlaku. Oleh karena itu, peran lembaga pendidikan termasuk Pesantren sebagai wadah yang strategis dalam pembinaan karakter remaja sangatlah dibutuhkan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi studi dokumentasi dan studi literatur. Upaya yang dilakukan Pembina Pondok Pesantren dalam membina karakter remaja yaitu melalui pembelajaran, pembelajaran dilaksanakan dengan cara menyampaikan materi, pembiasaan di lingkungan Podok Pesantren, pengawasan oleh pengurus Pondok Pesantren dalam berbagai kegiatan yang dilakukan, pengarahan mengenai nilai-nilai karakter  yang menjadi filosofi Pondok Pesantren serta penegakkan aturan dan sanksi. Sehingga, pada akhirnya terbentuklah karakter remaja yang baik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aprillio Poppy Belladonna, STKIP Pasundan Cimahi, Bandung.

Dosen Program Studi PPKn, Jurusan Pendidikan IPS, STKIP Pasundan Cimahi, Bandung.

Nova Amelia, STKIP Pasundan Cimahi, Bandung.

Program Studi PPKn, Jurusan Pendidikan IPS, STKIP Pasundan Cimahi, Bandung.

References

Daulay, H.P. 2001. Historitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Husen, A. dkk. 2010. Model Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Masyhud, M. Sulthon, dkk. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Dwi Pustaka.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BPMGAS.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Purwasasmita, M. 2010. Memaknai Konsep Alam Cerdas dan Kearifan Nilai Budaya Lokal (Cekungan Bandung, Tatar Sunda, Nusantara, dan Dunia) Peran Local Genius dalam Pendidikan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar. Bandung: Widya Aksara Press.

Rama, Bahaking. 2003. Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren; Kajian Pesantren As’adiyah Sengkang Sulawesi Selatanâ€. Jakarta: ParodatamaWiragemilang.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Santrock, J.W. 2003. Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, W.S. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Simanjuntak, B dan Pasaribu. 1990. Membina dan mengembangkan Generasi Muda. Bandung: Tarsito

Soekanto, S. (1982). Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum. Jakarta: Rajawali

Suyatno. 2010. Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Makalah Saresehan Nasional.

Sauri, S. 2014. Pendidikan Pesantren dalam Pendidikan Karakter. Dalam http://10604714. siapsekolah.com/20/05/2014/peran-pesantren-dalam-pendidikan-karakter/diakses tanggal 25 Juli 2016 jam 16.00 WIB.

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Belladonna, A. P., & Amelia, N. (2018). KAJIAN TENTANG UPAYA PONDOK PESANTREN DALAM MEMBINA KARAKTER REMAJA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i1.759

Issue

Section

Artikel Penelitian