MELAMPAUI BATAS NASIONAL: DINAMIKA KEWARGANEGARAAN DALAM KOMUNITAS K-POPERS GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7603Keywords:
Kewarganegaraan, Nasionalisme, K-Popres, Komunitarisn, Sikap Nasionalisme, GlobalisasiAbstract
Globalisasi berdampak pada tatanan masyarakat di dunia tanpa batas wilayah. Kemajuan teknologi dan informasi sangat mempercepat penyebaran globalisasi ke seluruh penjuru dunia sehingga mendorong masuknya Korean Wave ke Indonesia yang membawa perubahan dan mempengaruhi kesadaran nasionalisme, kecintaan terhadap kebudayaan bangsa Indonesia, konsep kewarganegaraan nasional dan tradisional memengaruhi pemahaman tentang kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pentingnya mengetahui dinamika kewarganegaraan dalam komunitas K-poprs global, yang saat ini sedang mengubah pola hidup generasi muda. Alat analisis data studi literatur ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan objek utamanya penelitian yang berkaitan dengan studi yang melibatkan pengumpulan data dan penulisan ilmiah yang difokuskan pada objek penelitian. Data yang dikumpulkan berasal dari berbagai sumber kepustakaan dan bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan utama penelitian. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa pendekatan kewarganegaraan yang diterapkan berperan penting untuk membentuk nasionalisme dan komunitas generasi muda khususnya K-popers agar kesadaran nasionalisme dikalangan K-popers tidak mudah memperngaruhi generasi muda
Downloads
References
Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sakinah, L., Lestari, N. A., & Purna, T. H. (2022). Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang dan Tantangan di Era Disrupsi. Teachin.Id, 6(1), 1570–1580. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2778
Arif, A. M., Sakban, A., Mayasari, D., Saddam, Rejeki, S., & Nisa, H. (2023). Fanatisme dan Lunturnya Nilai Kebudayaan Gen Z: Dampak Trend K-Pop. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 140–149.
Fitriyah, R. (2024). Pentingnya Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Identitas Kewarganegaraan. 2(2).
Habsy, B. A., Lailah, A., Damayanti, A., Asy’ari, A. H., Fitrianti, L. I., Saputri, M. A., Asy, S., Alifah, S., Bimbingan, D., & Konseling, D. (2024). Urgensi Mempertahankan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Identitas Manusia Indonesia di Revolusi Industri 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4956–4972. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13153
John W. Creswell. (1998). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.
Kompasiana. (2022). Pengaruh Budaya Korea (Korean Wave) terhadap Remaja di Indonesia. https://www.kompasiana.com/noviabayu7913/62a1abb62098ab36663899d5/pengaruh-budaya-korea-korean-wave-terhadap-remaja-di-indonesia
Mulia, L. T. (2023). Kewarganegaraan Digital Pada Era Globalisasi Di Indonesia. Iuris Studia Jurnal Kajian Hukum, 4(1), 1–5. https://jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/iuris/article/download/321/297
Multidisiplin, J., & Sosial, I. (2024). Analisis Peranan Pemuda Dalam Melestarikan Budaya Lokal Di Era Globalisasi. 03(08).
Nuzulia, A. (2022). dinamika kewarganegaraan dalam era globalisasi: tantangan dan peluang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Prasetiyo, W. H., & Rizqiyah, Z. (2024). The Dynamic of Citizenship Within K-Popers: An Ethnography Studies. Jurnal Kewarganegaraan, 21(1), 61. https://doi.org/10.24114/jk.v21i1.55642
Pratama, R. Y. (2021). Karakteristik Bentuk Kewarganegaraan Liberal, Komunitarian, Dan Republikan. 1–23.
Putri, A. A. (2024). Pengaruh Globalisasi terhadap Identitas Budaya : Kajian Hukum tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. 1(1), 1–17.
Putri, S. H. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Garda Terdepan Penguasaan Karakter Bangsa. Prosiding SEMINALU 2023 Pendatang, Aziz, 347–352.
Sumiyati. (2024). Daebak! Indonesia Peringkat Pertama Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. VIVA.Co.Id.
Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989
Widiastuti, N. E. (2022). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 80–86. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 sriwulansaputri, bunga, vania, fahmi, ilham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.