PENERAPAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Abdul Malik Fajar Fanjalu Fanjalu Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7637

Keywords:

Design Thinking, Kreativitas, Pendidikan Kewarganegaraan.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tentang seberapa keberhasilan penerapan metode design thinking untuk mengatasi masalah kejenuhan maupun kebosanan siswa serta meningkatkan kreatifitas siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan metode pelaksanaan pembelajaran selama 3 siklus, yaitu pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ditemukan bahwa dengan menerapkan metode design thinking ke dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah sangat baik apabila dikolaborasikan, sehingga hal ini dapat membuat siswa tetap aktif selama melaksanakan kegiatan pembelajaran berlangsung, sekaligus hal ini dapat membantu siswa dalam menumbuhkembangkan cara berpikir kreatif dan inovatifnya melalui kegiatan yang dilakukannya selama mengikuti aktivitas belajar di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Abdul Malik Fajar Fanjalu Fanjalu, Universitas Muhammadiyah Malang

PPKn, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang

References

Ali, I. (2021). Lampung. Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin (Online). 7 ( 10) : 247-264, (https://journal.an- nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/download/82/64)

Azhari, I. (2023). Yogyakarta. Penerapan Design Thinking dalam Pendidikan dan Tantangannya. Dari Repository Universitas Ahmad Dahlan, (Online), (https://eprints.uad.ac.id/39829/ )

Mukhtaromin & Widyaiswara. Pontianak. Mengenal Design Thinking. Dari Balai Diklat Keuangan Pontianan, (Online), (https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan- pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Online), (https://sumsel.bpk.go.id/files/2009/10/PERATU22.PDF)

Sunarto. (2018). Pengembangan Kreatifitas Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Jurnal Refleksi Edukatika. (Online). 8 (2): 108-113, (https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/2348/1347).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Wijayanto, A M. Triayudi, A & Rubhasy, A. 2021. Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga Di Polsek Sukmajaya. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika. (Online). 6 (2): 267-276, (https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/article/download/2026/1028)

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Fanjalu, A. M. F. F. (2023). PENERAPAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 150–157. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7637