PENERAPAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7637Keywords:
Design Thinking, Kreativitas, Pendidikan Kewarganegaraan.Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tentang seberapa keberhasilan penerapan metode design thinking untuk mengatasi masalah kejenuhan maupun kebosanan siswa serta meningkatkan kreatifitas siswa terhadap pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan metode pelaksanaan pembelajaran selama 3 siklus, yaitu pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ditemukan bahwa dengan menerapkan metode design thinking ke dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah sangat baik apabila dikolaborasikan, sehingga hal ini dapat membuat siswa tetap aktif selama melaksanakan kegiatan pembelajaran berlangsung, sekaligus hal ini dapat membantu siswa dalam menumbuhkembangkan cara berpikir kreatif dan inovatifnya melalui kegiatan yang dilakukannya selama mengikuti aktivitas belajar di kelas.
Downloads
References
Ali, I. (2021). Lampung. Pembelajaran Kooperatif dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin (Online). 7 ( 10) : 247-264, (https://journal.an- nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/download/82/64)
Azhari, I. (2023). Yogyakarta. Penerapan Design Thinking dalam Pendidikan dan Tantangannya. Dari Repository Universitas Ahmad Dahlan, (Online), (https://eprints.uad.ac.id/39829/ )
Mukhtaromin & Widyaiswara. Pontianak. Mengenal Design Thinking. Dari Balai Diklat Keuangan Pontianan, (Online), (https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan- pontianak/artikel/mengenal-design-thinking-278789)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Online), (https://sumsel.bpk.go.id/files/2009/10/PERATU22.PDF)
Sunarto. (2018). Pengembangan Kreatifitas Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Jurnal Refleksi Edukatika. (Online). 8 (2): 108-113, (https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/download/2348/1347).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Wijayanto, A M. Triayudi, A & Rubhasy, A. 2021. Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga Di Polsek Sukmajaya. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika. (Online). 6 (2): 267-276, (https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/article/download/2026/1028)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.