PRAKTIK BAIK DEMOKRASI BERKARAKTER MELALUI PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA GADJAH MADA KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7639Keywords:
Merdeka Belajar; Profil Pelajar Pancasila; Praktik Baik DemokrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik demokrasi yang positif dalam menerapkan profil pelajar Pancasila. Program kurikulum "Merdeka Belajar" melibatkan enam indikator dalam memperkuat pembelajaran yang lebih fokus pada nilai-nilai, sikap, dan perilaku. Indikator tersebut mencakup keyakinan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sikap yang luhur; kemandirian; semangat gotong royong; penerimaan terhadap keberagaman global; kemampuan berpikir kritis; dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dan partisipan berperan sebagai sumber data, dan studi literatur juga digunakan untuk memperkuat hasil dan kesimpulan melalui triangulasi data. SMA Gadjah Mada berupaya menerapkan pendekatan pembelajaran yang inklusif dan mengembangkan karakter pelajar Pancasila melalui kurikulum merdeka belajar dan projek profil pelajar Pancasila. Praktik demokrasi berkarakter terlihat dalam berbagai aspek kehidupan di sekolah, termasuk dalam kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, dan pengambilan keputusan bersama. Meskipun terdapat kendala dalam penyesuaian kurikulum merdeka secara utuh namun sekolah tetap berkomitmen untuk memberikan pembinaan dan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi mereka secara holistic secara optimal dalam capaian profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia; mandiri; gotong royong; berkebhinekaan global; berpikir kritis;dan kreatif.
Downloads
References
Aulawi, Anton, and Srinawati Srinawati. (2019). “Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smk Darus Syifa Kota Cilegon.” Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik 2 (1): 38–50. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i1.489.
Ayun, Afa Fachrunta. (2016). “Pendidikan Karakter Demokratis Di Kelas IV A SD Negeri I Jampiroso Temanggung.” Basic Education 5 (26): 2–461.
Creswell, John W. (2013). “Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatiif, Kuantitatif, Dan Mixed,” 1–308. file:///C:/Users/Hp/Documents/buku creswell.pdf.
Davis, Jane Furr. 1988. “On Matching Teaching Approach with Student Learning Style: Are We Asking the Right Question?.”
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. (2022). “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 1224–38. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Jamaludin, Jamaludin. (2020). “Membangun Nalar Pengetahuan Warga Negara Melalui Buku Digital Dikalangan Mahasiswa.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 3 (2): 769–76. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i2.296.
———. (2022). “Pendekatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Penguatan Karakter.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 4 (4): 2519–24.
Jamaludin, Jamaludin, Sunarto Amus, and Hasdin Hasdin. (2022). “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8 (3): 698–709.
Jamaludin, Jamaludin, Diah Puji Nali Brata, Dinar Sugiana Fitrayadi, Sardjana Orba Manullang, Salamun Salamun, Nurul Fadilah, Windawati Pinem, Syafrizal Syafrizal, and Moad Moad. (2021). Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Yayasan Kita Menulis.
Junaidi, and Hodriani. (2023). “Implementasi Desain Pembelajaran Ppkn Berbasis Ict Pada Post Pandemic” 10 (01): 23–32.
Lesilolo, Herly Janet. (2020). “Proses Pembelajaran Yang Demokratis Di Sekolah (Studi Di Sma Kolese De Britto Yogyakarta).” Tangkoleh Putai 17 (2): 122–42.
Lickona, Thomas. (2009). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam.
Naibaho, Junaidi, and Hodriani Sitompul. (2023). “Problematika Pembelajaran Ppkn Di Sma Negeri 1 Sibolga (Studi Kasus Masa Pandemi Covid-19).” Pancasila and Civics Education Journal (PCEJ) 2 (1): 1–7. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx.
Noor, Rohinah M. (2012). “The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler.” Yogyakarta: Insan Madani.
Yuhasnil, Yuhasnil, and Yandi Agusmardi. (2021). “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Studi Kasus Pada Siswa Yang Bermasalah.” IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education 1 (2): 58–68. https://doi.org/10.31539/ijoce.v1i2.2387.
Zaini, A Helmy Faishal. (2013). Pilar-Pilar Pendidikan Karakter Islami. Gunung Djati Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.