UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN ASSESSMENT QUIZZIZ PAPER MODE DI SMP NEGERI 38 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7641Keywords:
Hasil Belajar, Assessment, QuizzizAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan quizziz paper mode yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VII,4 di SMP Negeri 38 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, didalam metode PTK ada 4 tahap yang harus dilakukan peneliti yakni; 1) Perencanaan; 2) Tindakan; 3) Pengamatan; dan 4) Refleksi. Kegiatan dilakukan selama 3 siklus yaitu; 1) Pra siklus; 2) Siklus 1; dan 3) Siklus 2. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan tes pilihan ganda. Soal yang dibuat berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan atau tindakan yang sudah dirancang pada tahap perencanaan. Pada pra siklus didapatkan hasil rata-rata nilai hanya 57,2, dan peserta didik yang mencapai KKM hanya 13 peserta didik serta persentasenya 36%. Selanjutnya pada siklus I dan II terus mengalami peningkatan mulai dari rata-rata nilai menjadi 66,9 dan 89,7 dan persentasenya mencapai 61% dan 83%. Peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil dari penelitian maka kesimpulannya yakni penggunaan quizziz mode paper dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn.
Downloads
References
Haryati, Isti, Iman Santoso, Sudarmaji, Aditya Rikfanto, Retna Endah Sri Mulyati, and Sri Megawati. (2022). “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.” Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat 1 (3): 65–74. https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.214.
Mahat, Hanifa. (2020). “JPIS ( Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial ) Implementation of the Circle Learning Approach in Geography.” JPIS ( Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial ) 29 (1): 57–68. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/search/search?query=pembelajaran&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateToMinute=59&dateToSecond=59&disci.
Marwah, Siti Shafa, Makhmud Syafe’i, and Elan Sumarna. (2018). “Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5 (1): 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336.
Muamalah, Rochima Fauqa, Deni Adi Putra, and Meirza Nanda Faradita. (2023). “Penerapan Aplikasi Game Quizziz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Journal on Education 5 (3): 7084–95. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1496.
Rahayu, Bekti. (2021). “Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 9: 103–13. file:///C:/Users/User/Downloads/25931-Article Text-68556-1-10-20220210.pdf.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. (2022). “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.
Rohmatunnisa, Aldika. (2022). “Pengaruh Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Menyimak Teks Biografi Di SMAS Triguna Utama Tahun Pelajaran 2021/2022.”
Siregar, Sauli Farida. (2019). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas Vii-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Siswa Aktif Di SMP Negeri 29 Medan.” Jurnal Biolokus 2 (2): 217. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.539.
Syaifudin. (2021). “Penelitian Tindakan Kelas (Teori Dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab).” Borneo: Journal of Islamic Studies 1 (2): 1–17.
Wicaksono, D, and I Iswan. (2019). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah ….” Jurnal Holistika, no. September 2018: 111–26. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/5362/3584.
Zuhrotul Aini, Addin, and Palupi Rahayu. (2021). “Penerapan Aplikasi Quizizz Pada Siswa Kelas X MIPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN.” Semdikjar 4 (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 376–83.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.