NILAI TOLONG MENOLONG DALAM PANDANGAN ILMU HADITS MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7648Keywords:
Sanad, Matan, Shahih, Dhoif, Nilai Tolong Menolong, Ilmu Hadits MultikulturalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan kedudukan hadits tentang Nilai Tolong Menolong yang diriwayatkan oleh Bukhari. Kualitas hadits dimaksud ditinjau dari aspek sanad maupun matan, sehingga akan diperoleh penjelasan apakah hadits tersebut berstatus shaheh atau dhoif. Urgensi matan hadits ini ditunjukkan dengan besarnya keutamaan orang mempunyai anak wanita lalu dia mendidik dan mengasuh mereka dengan baik. Nabi shallallahu alaihi wasallam menjamin kedekatan orang itu dengan diri beliau dan beliau mengabarkan bahwa anak- anak perempuan tersebut bisa menjadi syafaat akan melindungi mereka dari api neraka. Metode digunakan dalam penelitian hadits ini adalah kualitatif dengan menerapkan studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan dengan menghimpun sumber kepustakaan baik primer maupun sekunder. Menurut strukturnya, penelitian ini akan tertuju kepada dua unsur yaitu Penelitian Sanad dan Penelitian Matan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa hadits riwayat Bukhari Nomor 1329 tergolong ke dalam golongan hadits shahih baik dari segi sanad maupun matan.
Downloads
References
Ahmad ibn Hanbal, (2001), al-Musnad, t.k: Mu’assasah al-Risalah, Cairo:Muassanah Ar Risalah.
Bustamin M. Isa, (2004), Metodologi Kritik Hadis, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,
M. Quraish Shihab, ( 2002) Tafsir Al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati
M. Syuhudi Ismail, (2007), Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Cet. II; Jakarta: Bulan Bintang
Mohamad S. Rahman, (2010) Kajian Matan Dan Sanad Hadits Dalam Metode Historis. Jurnal Al-Syir'ah, Vol 8, No. 2 Desember 2010.
Muḥammad al-Gazāliy, (1987), Fiqh al-Sῑrah , Kairo: Dār al-Bayān li al-Turāṡ
Muhammad Gibran Ichsani, Nan Rahminawati, Khambali, (2023), Implikasi Pendidikan yang terdapat dalam Surat At-Taubah ayat 71 terhadap Pendidikan Sosial; Jurnal Bandung Conference Series: Islamic Education Vol. 3 No. 2 (2023)
Muhammad Jamaluddin al Qasimi, (1979), Qawaid al-Tahdis Min Funun Musthalah al-hadis, Baerut: Dar Ilmiyah)
Mukhlis Mukhtar, (2021) Kepedulian Sosial Dalam Perspektif Hadis; Jurnal Ushuluddin Vol. 23 No.1 (2021)
Shahifah Arisa Octavia, (2023) Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Bagi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam : Jurnal Off Conferehensive Sciense Vol. 2 No. 5 (2023)
Solihin, (2016), Penelitian Hadis (Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi) Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis Vol. 1, No.1 (2016) : 61-68
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.